9 Cara Memandikan Kucing Kesayangan dengan Aman dan Benar

Kucing peliharaan
Sumber :
  • Instagram.com/heybiblee

VIVA Edukasi – Cara memandikan kucing dengan benar dan aman sepertinya perlu kamu ketahui agar bisa dipraktikkan di rumah. Menjaga kebersihan tubuh kucing sangat penting untuk kesehatannya sekaligus pemilik kesehatan kucing itu sendiri.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Dengan rajin membersihkannya, kucing akan terhindar dari kutu, jamur, serta bakteri penyebab penyakit yang menumpuk pada kotoran mata, telinga atau pun kuku. Salah satu cara untuk memastikan kebersihan dan kesehatan kucing adalah dengan memandikan kucing secara rutin.

Kucing mencintai pemiliknya

Photo :
  • Instagram @hilanabekker
Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Disarankan memandikan kucing minimal seminggu sekali. Tetapi, jika kucing kamu terlihat kotor dan banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan. Cara memandikan kucing sebenarnya mudah. Kamu pun tidak perlu selalu pergi ke Petshop untuk memandikan binatang kesayangan, cukup dilakukan di rumah.

Nah kali ini VIVA akan memberikan cara memandikan kucing yang baik dan aman yang dilansir dari berbagai sumber  sebagai berikut.

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

1. Waktu Yang Tepat

Cara memandikan kucing yang benar pertama adalah dengan menentukan waktu yang tepat terlebih dahulu. Pastikan kucing kamu dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong.  Kamu bisa memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hati baik-baik saja, siap dimandikan.

Kucing sebaiknya dimandikan seminggu sekali. Namun, alangkah sebaiknya jangan terlalu sering memandikan kucing. Tetapi, jika kucing kamu terlihat kotor dan terlihat banyak kutu di tubuhnya segeralah dimandikan sebelum kutu tersebut beranak.

2. Kuku Kucing sudah Terpotong

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih

Photo :
  • Pexels

Cara memandikan kucing yang selanjutnya adalah memastikan kuku kucing sudah terpotong. Untuk perlindungan kamu, pastilah tepat memandikan kucing ketika kukunya sudah terpotong.

3. Sikat Lembut Bulu dan Tutup Telinga Kucing

Ras kucing Ragdoll

Photo :
  • Penyayang Kucing

Siapkan bulu kucing yang lembut dan jangan lupa menutup telinga kucing dengan kapas yang lembut agar air tidak masuk ke lubang telinga.

4. Gunakan Air Hangat

Kucing Ras Siberian

Photo :
  • Info Binatang

Cara memandikan kucing yang berikutnya adalah menggunakan air hangat. Gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Perlu diingat bahwa yang dibutuhkan adalah air hangat bukan air panas.

Pasalnya, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan udara hangat mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing. Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat berpijak yang aman untuk kamu saat memandikan kucing, agar tidak terpeleset saat memandikan kucing.

5. Hati-Hati Ketika Menyiram Tubuh Kucing

Ras Kucing Sphynx

Photo :
  • Pintarpet

Gunakan selang semprot untuk menyiram kucing kamu. Berhati-hatilah agar tidak menyemprotkan langsung ke telinga, mata, dan hidungnya. Jika kamu tidak memiliki selang semprot, bisa juga dengan menggunakan gayung.

6. Gunakan Sampo Khusus Kucing

Ilustrasi tingkah laku lucu kucing

Photo :
  • petsnester.com

Cara memandikan kucing yang selanjutnya adalah menggunakan sampo khusus kucing. Gunakan sampo khusus kucing dan pijat dengan lembut tubuh kucing kesayangan kamu. lakukan dari kepala ke ekor, ke arah pertumbuhan bulu. Berhati-hatilah untuk menghindari bagian wajah, telinga, dan mata.

Pastikan sampo tersebut tidak berisi bahan kimia atau parfum yang keras. Perlu diingat, jangan pernah menggunakan sampo untuk manusia. Sebab sampo manusia memiliki tingkat pH yang berbeda dan tidak cocok untuk bulu kucing. Penggunaan sampo manusia dikhawatirkan akan membuat bulu kucing malah rontok.

7. Bilas Secara Menyeluruh

kucing radgoll, berasal dari California, Amerika Serikat

Photo :
  • Pixabay

Bilas sampo kucing secara menyeluruh dengan selang semprot atau gayung. Pastikan airnya membersihkan bagian kaki dan kukunya. Tidak ada busa atau sampo yang masih menempel, karena dapat mengiritasi kulit dan menjadi magnet bagi kotoran. Sekali lagi, pastikan untuk tidak terkena bagian mata dan telinganya.

8. Bersihkan Wajah

Kucing angora turki

Photo :
  • Shutterstock

Cara memandikan kucing yang selanjutnya adalah membersihkan bagian wajahnya. Gunakan waslap untuk menyeka bagian wajah kucing kamu. Pakai air biasa tidak masalah di wajah tidak terlalu kotor. Kalau menggunakan sampo pastikan cairannya lebih encer, jangan terlalu banyak sampo, kemudian hati-hati di sekitar mata dan telinganya.

9. Keringkan Tubuh Kucing

Kucing Pororo

Photo :
  • instagram.com/cicihania

Cara memandikan kucing yang terakhir adalah dengan mengoleskan tubuh kucing. Gosok kucing kamu dari kepala hingga kaki dengan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing kamu di ruangan yang hangat dan jangan biarkan keluar sampai dia benar-benar kering.

Untuk mengeringkan bulu-bulunya, bisa menggunakan blower atau pengering rambut. kamu juga bisa menjemurnya di bawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

Viral kucing ditaruh di atap Mobil

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Rumahsinggahclow pada Selasa, 9 April 2024 menunjukkan mobil Toyota Rush menaruh seekor kucing di atap mobil saat mudik.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024