10 Jenis Awan dan Cirinya Berdasarkan Letak Ketinggian

Awan stratocumulus di Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Adi Wicaksono

VIVA Edukasi – Awan yang sering kita di lihat di langit memiliki bentuk dan jenis berbeda-berbeda, awan-awan yang bertebaran di langit itu memiliki nama dan karakternya sendiri-sendiri. Perbedaan ini didasarkan pada bentuk dan ketinggiannya di langit. Kali ini kita akan Mengidentifikasi jenis-jenis awan yang perlu diketahui.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Sebelum itu, kamu perlu memahami proses terbentuknya awan terlebih dahulu. Dilansir dari laman Center For Science Education menjelaskan bahwa awan terbuat dari tetesan air atau kristal es yang sangat kecil sehingga dapat bertebaran dan bertahan di udara.

ilustrasi langit cerah

Photo :
  • freepik by jannoon028
Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Nah, untuk informasi lebih dalam lagi, VIVA akan menjelaskan Jenis awan berdasarkan ketinggiann dan Ciri-ciri Awan dan namanya yan dilansir dari Center For Science Education sebagai berikut.

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Laman Center For Science Education menyebutkan bahwa sebagian besar awan dibagi berdasarkan ketinggian, meliputi awan di atas permukaan bumi yaitu awan tinggi, sedang, rendah. Berikut penjelasannya:

- Kelompok Awan Tinggi

Berada di ketinggian 5-13 km (16.000 - 43.000 kaki). Contohnya yaitu awan cirrus, cirrostratus, cirrocumulus

- Kelompok Awan Sedang

Berada di ketinggian 2-7 km (7.000 - 23.000 kaki). Contohnya yaitu awan altocumulus, altostratus

- Kelompok Awan Rendah

Berada di permukaan - 2 km (permukaan - 7.000 kaki). Contohnya yaitu awan strato cumulus, stratus, nimbostratus

Awan stratocumulus di Jakarta Timur

Photo :
  • VIVA.co.id/Bayu Adi Wicaksono

- Kelompok Awan Perkembangan Vertikal

Berada di permukaan - 13 km (permukaan - 43.000 kaki). Contohnya yaitu cumulus, cumulonimbus

- Kelompok Awan yang tidak biasa

Awan yang terbentuk dengan cara yang unik dan tidak terlihat berdasarkan ketinggian. Contohnya awan lenticular, kelvin-helmholtz, dan mammatus

- Awan Contrails

Berada di ketinggian 5-13 km (16.000 - 43.000 kaki). Contohnya awan contrail.

Jenis-jenis Awan dan Cirinya

Awan stratocumulus di Jakarta Timur

Photo :
  • VIVA.co.id/Bayu Adi Wicaksono

4. Altocumulus

Awan altocumulus memiliki beberapa lapisan putih atau abu-abu yang tidak merata, dan terdiri dari banyak baris kecil riak. Mereka lebih rendah dari awan cirrus, tetapi masih cukup tinggi. Mereka terbuat dari air cair, tetapi awan ini tidak sering menghasilkan hujan.

5. Nimbostratus

Awan Nimbostratus adalah awan berwarna kelabu gelap yang tampak memudar menjadi hujan atau salju yang turun. Awan ini sangat tebal sehingga sering menahan sinar matahari. Biasanya ada saat cuaca mendung dengan hujan atau salju.

6. Altostratu

Awan altostratus adalah awan tingkat menengah abu-abu atau biru-abu-abu yang terdiri dari kristal es dan tetesan air. Awan ini biasanya menutupi seluruh langit menandakan hujan atau salju terus menerus.

7. Cirrus

Awan Cirrus adalah awan halus dan admin yang sebagian besar terbuat dari kristal es. Bentuknya yang berasal dari arus angin yang menyebarkan dan menyebarkan kristal es menjadi untaian. Saat ini hadir ketika perubahan cuaca sedang terjadi.

8. Sirokumulus

Awan Cirrocumulus adalah awan tipis, kadang-kadang tambal sulam, seperti lembaran. kadang terlihat seperti penuh riak atau terbuat dari butiran kecil. Jika tinggal di daerah tropis, awan ini bisa menjadi pertanda datangnya badai.

9. Cirrostratus

Awan Cirrostratus adalah awan putih tipis yang menutupi seluruh langit seperti selubung. Awan ini sering di musim dingin dan dapat menyebabkan munculnya lingkaran-lingkaran cahaya di sekitar matahari atau bulan.

10. Cumulonimbus

Awan cumulonimbus hadir pada hari-hari panas ketika udara hangat dan basah naik sangat tinggi ke langit. Dari jauh, awan ini terlihat seperti gunung atau menara besar.

Nah, itu penjelasan informasi mengenai awan. Semoga bermanfaat ya!

Viral, video memperlihatkan ikan berjatuhan dari langit.

Viral Video Ikan Berjatuhan dari Langit

Sebuah video yang sangat mengejutkan telah menjadi viral dan menyebar dengan cepat di internet. Video tersebut menampilkan kejadian yang sangat tidak biasa di langit.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024