Bikin Betah Mahasiswa, UMM Sediakan Perahu Bebek di Danau Kampus

Perahu bebek air di danau Kampus UMM 3
Sumber :
  • Humas Universitas Muhammadiyah Malang

VIVA Edukasi - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memanfaatkan danau di kampus tiga sebagai tempat refreshing bagi seluruh civitas akademika UMM. Mereka menyediakan wahana perahu bebek air. Tidak hanya mahasiswa, wahana ini gratis untuk para tamu dan mahasiswa kampus lain. 

Bripda RM Ditangkap Polisi Ternyata Gara-gara Lakukan Ini

Kepala Bagian Komunikasi Publik UMM, M. Isnaini mengatajan wahana bebek air untuk memanfaatkan infrastuktur di UMM yakni danau kampus. Awalnya hanya ada satu perahu bebek air. Tapi karena minat mahasiswa begitu banyak jumlah ditambah kini menjadi 4 perahu bebek. 

Perahu bebek air di danau Kampus UMM 3

Photo :
  • Humas Universitas Muhammadiyah Malang
Terkuak, Guru Besar Universitas Jambi Prof Sihol Raup Puluhan Juta Endorse TPPO Magang ke Jerman

"Kami ingin kampus tidak hanya dipandang sebagai tempat yang serius untuk belajar tetapi juga tempat yang menyenangkan," kata pria yang akrab disapa Krisna ini, Senin, 2 Januari 2023. 

"Awalnya kami hanya memberikan satu wahana bebek air untuk uji coba. Namun karena antusiasme yang tinggi, kami menambah tiga buah bebek air lagi. Total, danau UMM memiliki empat bebek air yang bisa menampung maksimal empat orang di masing-masing perahunya,” tambah dosen Prodi Bahasa Indonesia itu.

Komisi X DPR: Kasus Magang di Jerman Tidak Tepat Digeneralisasi TPPO

Dalam pengoperasionalanya pihak universitas bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Divisi Mahasiswa Pencinta Alam (DIMPA). Tugas tim DIMPA membantu untuk mengawasi penggunaan bebek air. Sedangkan universitas akan langsung melakukan perbaikan jika ada laporan perahu bebek yang mengalami kerusakan.

“Tak hanya wahana bebek air, kami juga menyediakan berbagai tempat untuk nongkrong dan menikmati suasana di Kampus Putih (UMM). Seperti misalnya gazebo, kafe kontainer, Mydormy UMM dan lain sebagainya. Harapannya mahasiswa dan masyarakat umum dapat menikmati proses pembelajaran di UMM dengan nyaman dan tenang serta membantu perkuliahan menjadi lebih santai,” ujar Krisna. 

Perahu bebek air di danau Kampus UMM 3

Photo :
  • Humas Universitas Muhammadiyah Malang

Salah satu mahasiswa UMM yang pernah mencoba wahana bebek air adalah Neha Aidina Wirasti. Saat pertama kali mencoba dia merasakan kenyamanan sehingga dia memutuskan kembali mencobanya. Neha mencoba bebek air di sela-sela waktu kuliah.

“Biasanya kalau lagi suntuk atau capek mengerjakan tugas, saya akan ikut antrean untuk naik bebek air. Kadang saya juga mengajak teman-teman untuk ikut dan membuat konten di media sosial. Seru sekali, di kampus ada mainan bebek-bebek yang bisa dicoba siapapun. Bahkan beberapa waktu lalu juga ada flying fox yang dibentangkan dari GKB I ke bawah dekat danau,” tutur mahasiswa jurusan Agroteknologi ini. 

Selain itu, alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM tahun 2014 Benni Indo mengatakan bahwa kehadiran perahu bebek air memang membuat suasana perkuliahan menjadi nyaman. Dia mengaku saat masih aktif kuliah kehadiran bebek air membuat mahasiswa bernostalgia dengan masa kecil saat berada di sebuah tempat pariwisata. 

"Menyenangkan kembali seperti dulu masa kecil. Semakin membuat lingkungan kampus nyaman untuk belajar dan secara psikologis itu mempengaruhi," kata Benni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya