Mahasiswa Udinus Berhasil Membuat Sabun Mandi Berbahan Organik

Mahasiswa Udinus Berhasil Membuat Sabun Mandi Berbahan Organik
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Edukasi – Mahasiswa Prodi S-1 Manajemen PSDKU Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri, Jawa Timur, berhasil membuat sabun dari bahan organik dan memenangkan Lomba Creanovative Entrepreneur 2022.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Sabun badan berbahan organik ini merupakan karya dari empat mahasiswa, yang diketuai oleh Zumrotus Sholikhah dan tiga anggota lainnya, yaitu, Rahman, Winda Ayu Nur Andini, dan Seroja Enjang Prasasti.

"Produk kami terdapat dua jenis yaitu cair dan padat dengan variasi aroma. Meski terbuat dari bahan organik, produk kami tetap bermanfaat untuk membersihkan tubuh, melembabkan kulit secara alami dan aman untuk kesehatan kulit," kata Zumrotus Sholikhah di Kediri, Kamis (5/1).

Mahasiswa Udinus Berhasil Membuat Sabun Mandi Berbahan Organik

Photo :
  • ANTARA
Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni


10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024
Ia menambahkan, produknya dibuat sebagai upaya mengurangi limbah sabun, yang pada umumnya yang dapat mencemari sumber air. Hal itu didukung berdasarkan data yang telah dikumpulkan, bahwa, sabun menjadi salah satu limbah rumah tangga yang paling banyak.

Untuk itu, ia dengan tim membuat sabun mandi dengan bahan organik. Sabun itu diolah dari tanaman Pegagan yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica. Produk tersebut diberi nama Asana.

Menurut dia, tanaman Pegagan ini dipilih sebagai bahan utama karena masih tergolong tanaman liar di beberapa lingkungan.

Dengan dikelola, dibudidayakan dan dimanfaatkan secara maksimal, tanaman Pegagan ternyata dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sabun mandi. Produk ini juga menjadi variatif peluang usaha di bidang kecantikan.

"Melalui produk ini, kami berharap dapat membuka peluang usaha baru sekaligus merawat lingkungan dengan membudidayakan tanaman Centella Asiatica yang masih tergolong liar ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala UPT Kewirausahaan Udinus Nila Tristiarini mengucapkan selamat kepada produk Asana yang berhasil menjuarai ajang tahunan Expo Creanovative Entrepreneur tersebut. Pengumuman pemenang baru diumumkan.

Ia mengatakan, dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat ini, ide kreatif seperti yang dilakukan para mahasiswa tersebut tentunya akan membuka banyak peluang usaha baru.

"Kami juga terus mendukung mahasiswa untuk berpikir kreatif menciptakan produk-produk baru dari berbagai bidang. Untuk melahirkan wirausahawan baru di masa yang akan datang," kata Nila Tristiarini.

Inovasi membuat sabun mandi organik tersebut berhasil meraih juara dalam ajang Lomba Creanovative Entrepreneur 2022.

Pada kegiatan yang diikuti secara hybrid itu, produk bernama Asana tersebut meraih juara dua untuk Kategori Pitch Deck, berupa Centella Asiatica Body Soap. (ANTARA)
Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Polri sudah mengajukan red notice ke Interpol guna memburu dua tersangka kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) ke Jerman, yang hingga kini masih belum ke Tanah Air

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024