10 Sungai Terpanjang di Dunia, Ukurannya Bisa Mencapai 6.650 Km

Sungai Nil
Sumber :

VIVA Edukasi – Sungai merupakan pembuluh darah dan arteri dunia kita. Dengan lebih dari 70% bumi adalah air, tidak mengherankan jika sungai dan saluran air kita memainkan peran besar dalam kehidupan manusia, hewan, dan ekosistem.

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Sungai air tawar dapat dimanfaatkan sebagai sumber air minum, habitat, sumber irigasi, transportasi, bahkan sebagai sumber tenaga. Ini adalah sepuluh sungai terpanjang dan sistem sungai di dunia. Kira-kira sungai apa terpanjang di dunia? Berikut telah kami rangkum sederet sungai terpanjang di dunia yang dilansir dari worldatlas.com.

Sungai terpanjang

Photo :
Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

1. Sungai Nil - 6.650 Km

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 6.650 kilometer. Itu mengalir melalui sebagian besar benua Afrika dan mengalir melalui beberapa negara, termasuk Uganda, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Mesir .

Viral Terekam Lumba-lumba Berenang di Sungai Keruh, Kok Bisa?

Sungai Nil.

Photo :
  • U-Report

Nil Biru dan Nil Putih adalah anak sungai utama Nil yang mengalir ke sungai ini, yang mengalir ke selatan, akhirnya mengalir ke Laut Mediterania. Sungai Nil adalah sumber utama air dan transportasi. Perairan Sungai Nil menghidupi sekitar 40% populasi Kenya, dan merupakan rumah bagi sejumlah hewan, termasuk kuda nil, buaya Nil, dan hewan lain yang menggunakan sungai sebagai sumber air tawar.

2. Sungai Amazon - 6.400 Km

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia, berukuran 6.400 kilometer. Panjangnya sangat dekat dengan Sungai Nil sehingga beberapa statistik menunjukkan bahwa itu sebenarnya lebih panjang. Ini adalah sungai terbesar di dunia juga, dengan volume atau volume debit terbesar.

Faktanya, Amazon sangat besar sehingga dua sungai terbesar berikutnya (berdasarkan volume) sebenarnya adalah anak sungai Amazon. Sungai ini mengalir melalui tiga negara di Amerika Selatan: Brasil, Peru , dan Kolombia, dan bermuara di Samudra Atlantik.

Daerah di sekitar sungai, yaitu hutan hujan amazon, dikenal sebagai daerah yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Banyak spesies hidup di hutan di sepanjang tepi sungai, tetapi perairannya juga kaya akan kehidupan. Kira-kira sepertiga dari semua spesies yang dikenal di dunia hidup di wilayah Amazon. Ribuan spesies ikan, lumba-lumba sungai Amazon yang langka, berang-berang, manate, dan anaconda dapat ditemukan di perairan sungai, bersama dengan beberapa spesies reptil terkemuka lainnya.

3. Sungai Yangtze - 6.300 Km

Sungai Yangtze

Photo :
  • U-Report

Sungai Yangtze di Cina berukuran 6.300 kilometer dan merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia dan sungai terpanjang di Asia. Sungai mengalir ke arah timur melintasi sebagian besar Cina, bermuara ke Laut Cina Timur.

Yangtze adalah sumber air utama di China dan memiliki cekungan drainase yang mencakup sekitar sepertiga dari populasi negara tersebut. Sekitar 400 juta orang tinggal di sepanjang tepiannya. Sungai ini sangat penting sepanjang sejarah dan memainkan peran penting di Tiongkok.

Sungai ini juga merupakan perbatasan tidak resmi antara Cina Utara dan Cina Selatan. Ini telah digunakan untuk air minum, transportasi, dan irigasi dan sangat penting selama masa perang. Saat ini, Bendungan Tiga Ngarai adalah pembangkit listrik terbesar di dunia, menarik listrik dari sungai.

4. Sungai Mississippi - 6270 Km

Sungai Missisipi.

Photo :
  • http://www.gomuda.com

Sistem Sungai Mississippi-Missouri, di Amerika Serikat bagian selatan, memiliki panjang 6.270 kilometer. Sungai Missouri dan Mississippi adalah dua sungai terpanjang di AS, tetapi karena mengalir satu sama lain, mereka sering dianggap sebagai satu sungai besar atau sistem sungai.

Sungai Mississippi secara historis menjadi sumber transportasi utama dan juga merupakan rumah bagi sejumlah besar satwa liar. Delta Mississippi , khususnya, memiliki rangkaian ekosistem yang mencakup segala sesuatu mulai dari kebun siprus hingga rawa-rawa dan pantai berpasir. Daerah ini adalah rumah bagi berbagai hewan dan reptil seperti buaya, kura-kura, dan berbagai spesies ikan, serta unggas air - baik yang bermigrasi maupun sepanjang tahun.

5. Yenisei - Angara - Sungai Selenga - 5.500 Km

Sungai Yenisei berukuran 5.550 kilometer, menjadikannya sungai terpanjang kelima di dunia. Sistem ini terdiri dari beberapa sungai yang mengalir melalui Rusia dan Mongolia , bermuara di Samudra Arktik. Meskipun sungainya tidak terlalu dalam, namun mengalir ke Danau Baikal , danau terdalam dan tertua di dunia. Banyak ikan hidup di Yenesei, dan tepiannya merupakan habitat penting bagi rusa kutub yang bermigrasi, kawanan Aimyr, rusa kutub tundra terbesar di dunia. Sayangnya, diyakini bahwa sistem sungai mengalami kontaminasi akibat pelepasan radioaktif dari fasilitas pembuat bom rahasia.

6. Sungai Kuning - 5.464 Km

Aliran sungai Kuning Cina

Photo :
  • U-Report

Sungai Kuning, juga dikenal sebagai Sungai Huang He atau Huang, adalah sungai terpanjang keenam di dunia dan terpanjang kedua di Tiongkok. Panjangnya kurang lebih 5.464 kilometer. Sungai ini mengalir melalui sembilan provinsi berbeda di Tiongkok, dari provinsi barat Qinghai hingga Laut Bohai dekat Dongying.

Sungai Kuning secara historis penting karena merupakan tempat pemukiman utama dalam sejarah awal Tiongkok. Sungai ini juga diketahui mengalami periode banjir yang signifikan, yang mengubah aliran sungai sepanjang sejarah. Sungai ini sekarang menjadi rumah bagi beberapa bendungan dan pembangkit listrik tenaga air utama, serta sekitar 160 spesies ikan yang berbeda.

7. Ob - Irtysh - 5.410 Km

Sungai Ob berukuran kira-kira 5.410 kilometer dan melewati sebagian besar wilayah Rusia, akhirnya bermuara ke Samudra Arktik. Kota terbesar ketiga di Rusia, Novosibirsk, terletak di sepanjang tepi sungai, dan Jalan Kereta Api trans-Siberia yang terkenal juga melintasi sungai di kota ini.

Ob penting bagi Rusia dan Siberia, baik secara geografis maupun dalam hal industri. Sungai ini digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi serta menyediakan pembangkit listrik tenaga air melalui berbagai pembangkit listrik seperti Novosibirskaya GES. Sungai ini juga berisi lebih dari 50 spesies ikan dan merupakan sumber utama penangkapan ikan untuk konsumsi. 

8. Rio De La Plata - 4.880 Km

Sungai terpanjang kedelapan di dunia adalah Rio de la Plata, yang panjangnya 4.880 kilometer. Sungai ini mengalir melalui Argentina dan Uruguay dan termasuk Parana dan Rio Grande. Itu juga merupakan sungai terluas di dunia, membuka ke daerah seperti teluk di ujung timurnya.

Beberapa kota besar berada di sepanjang tepi sungai, termasuk Buenos Aires, ibu kota Argentina. Sungai itu juga berisi beberapa pulau milik Uruguay. Khususnya, sungai tersebut merupakan muara, menerima air tawar dari Sungai Parana dan Sungai Uruguay, dan air asin dari pasang surut dan arus laut yang asin. Karena itu, sungai menjadi habitat bagi banyak spesies laut, seperti penyu hijau, tempayan, dan belimbing, serta lumba-lumba Ls Plata yang langka. 

9. Sungai Kongo - 4.700 Km

Sungai Kongo.

Photo :
  • http://asalasah.blogspot.com

Sungai Kongo atau Zaire adalah sungai terpanjang kedua di Afrika dan terbesar kedua dalam hal volume debit. Ini juga memiliki kedalaman hingga 220 meter, menjadikannya sungai terdalam yang pernah tercatat.

Sungai Kongo, yang sebenarnya terdiri dari Sungai Kongo Lualaba dan Chambeshi, memiliki panjang 4.700 kilometer. Sungai tersebut mengalir melalui sebagian besar Kongo dan melintasi khatulistiwa dalam dua kesempatan sebelum mengalir ke Samudera Atlantik . Sungai ini memiliki aliran musiman lebih dari 50.000 meter kubik, menjadikannya sungai terkuat di Afrika. Tenaga ini dimanfaatkan oleh sekitar 40 pembangkit listrik tenaga air yang berbeda di seluruh Cekungan Kongo.
 

10. Sungai Amur - 4.444 Km

Sungai Amur adalah sungai terpanjang kesepuluh di dunia dan berukuran sekitar 4.444 kilometer. Sungai ini membentuk perbatasan alami antara Timur Jauh Rusia dan Cina Timur Laut, mengalir ke Laut Okhotsk , Samudra Pasifik , dan Selat Tartary. Sungai ini merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan, termasuk penyu cangkang lunak Amur dan berbagai spesies ikan. Banyak di antaranya adalah ikan predator yang lebih besar seperti pike Amur, snakehead utara, dan ikan mas, serta kaluga masif, yang diketahui memiliki panjang lebih dari 5,5 meter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya