Penting Bagi Wanita, 4 Perawatan Kecantikan Ini Dilarang Dalam Islam

Ilustrasi pemasangan ekstensi bulu mata
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Edukasi – Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Jadi, tidak heran para wanita kerap melakukan banyak perawatan kecantikan untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Selain meningkatkan kecantikan dan daya tarik, untuk muslimah, merawat tubuh ternyata juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur terhadap apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Akan tetapi, dalam hal perawatan, Islam memiliki batasan yang perlu diperhatikan oleh seorang Muslimah.

Dalam Islam sendiri terdapat beberapa jenis perawatan kecantikan yang dilarang oleh Allah SWT, sebagaimana hal itu telah kami rangkum dari beberapa sumber, berikut ini:

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

1. Mencukur alis

mencukur alis

Photo :
  • U-Report
Jasad Dalam Koper Ditemukan di Bali, Wanita Michat Asal Bogor Dibunuh Pelanggan

Memiliki alis yang bagus dan simetris tentu jadi keinginan banyak wanita, sehingga tidak sedikit dari mereka melakukan sulam alis ke berbagai salon kecantikan. Namun, dalam Islam hal ini dilarang, mencukur alis di sini juga termasuk larangan mencabut alis. Hal ini sesuai dengan hadis dari Rasulullah SAW berikut.

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melaknat perempuan yang menghilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya," (HR Abu Dawud, Bukhari, dan Muslim)

2. Meruncingkan gigi dan operasi plastik

ilustrasi operasi plastik

Photo :
  • lookstudio/freepik

Sama halnya dengan mencukur alis, meruncingkan gigi juga dilarang dalam Islam karena hal ini dianggap mengubah ciptaan Allah SWT. Ini berdasarkan hadis dari Rasulullah SAW.

"Rasulullah SAW melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah ciptaan Allah." (HR. An-Nasa'i 5253 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam shahih Sunan An-Nasa'i) Selain larangan meruncingkan gigi, hadis ini juga termasuk untuk larangan operasi plastik.

3. Menyambung rambut dan tanam bulu mata

Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik tentunya merupakan dambaan banyak wanita. Alhasil, mereka memilih untuk melakukan tanam bulu mata ke salon-salon kecantikan. Namun, rupanya banyak wanita yang tidak menyadari bahwa melakukan tanam bulu mata dilarang oleh Allah SWT. Ini juga berlaku bagi mereka yang melakukan penyambungan rambut.

"Allah SWT melaknat perempuan yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya." (HR Bukhari)

4. Mewarnai rambut dengan warna hitam

Mewarnai rambut.

Photo :
  • U-Report

Untuk Muslimah Islam tidak pernah melarang untuk mewarnai rambut, asalkan tidak mewarnainya dengan warna hitam. Larangan ini terdapat dalam salah satu hadis dari Rasulullah SAW berikut:

"Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tapi hindarilah warna hitam." (HR Muslim)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya