5 Golongan yang Terhalang Ampunan Allah di Malam Nisfu Syaban

Jemaah umrah yang buka puasa dan sahur di Masjid Nabawi di Madinah
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Edukasi – Pada pertengahan bulan Syaban terdapat malam mulia dan istimewa yang dinamakan dengan malam Nisfu Syaban. Tahun ini Malam Nisfu Syaban jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Dalam Islam, malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan dosa. Namun, meskipun dikenal sebagai malam ampunan, tidak serta merta semua dosa bisa diampuni pada malam itu. Tidak serta merta juga orang-orang yang tidak melakukan apa-apa pada malam ini mendapat ampunan. 

Dalam Islam sendiri diyakini terdapat lima pelaku dosa besar yang terhalang dari maghfirah Allah di malam Nisfu Syaban. Berikut 5 golongan yang tak mendapat pengampunan di malam Nisfu Syaban:

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

1. Penyihir

Mengutip beberapa sumber Senin 6 Maret 2023, golongan pertama yang terhalang dari maghfirah Allah SWT di malam Nisfu Syaban adalah penyihir, hal ini dikarenakan mereka dapat merusak keimanan atau keyakinan seorang Muslim.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Kenyataan ini diisyaratkan dalam Alquran Surat Yusuf ayat 106 yang artinya: “Dan sebagian besar manusia tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan-Nya (dengan sembahan-sembahan lain)”

2. Dukun

Sama halnya dengan penyihir, dukun kerap kali memanfaatkan benda-benda sebagai wadah atau alat yang digunakan untuk mengelabui orang. Di mana orang akan yakin bahwa benda yang diberikan sang dukun akan membuatnya jadi lebih baik. Maka perbuatan itu sudah termasuk dalam menyekutukan Allah.

Ilustrasi Dukun

Photo :
  • U-Report

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam Alquran surat Yusuf ayat 103 yang artinya: “Dan sebagian besar manusia tidak beriman (dengan iman yang benar) walaupun kamu sangat menginginkannya”

Tafsir ayat di atas: Mayoritas manusia walaupun kamu sangat menginginkan dan bersungguh-sungguh untuk (menyampaikan) petunjuk (Allah), mereka tidak akan beriman kepada Allah (dengan iman yang benar), karena mereka memegang teguh (keyakinan) kafir (dan syirik) yang merupakan agama (warisan) nenek moyang mereka.

3. Orang-orang munafik

Golongan ketiga yang tak mendapat maghfirah di malam Nisfu Syaban adalah orang-orang munafik. Dalam agama Islam munafik merupakan sifat tercela yang jika melakukannya akan mendapatkan dosa besar. Tidak hanya agama Islam, latar belakang agama apapun juga tidak membenarkan adanya sifat tercela ini. Ciri- ciri orang munafik ini  dijelaskan dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim yang memaparkan tanda-tanda orang munafik. Orang munafik terbagi menjadi tiga yaitu berbohong, ingkar janji dan berkhianat.

4. Peminum khamar

Orang yang suka minum khamr juga termasuk orang yang terhalang untuk mendapatkan ampunan Allah pada Malam Nisfu Syaban jika mereka tidak segera bertobat. Hal ini dikarenakan Mengkonsumsi minuman keras atau khamr juga termasuk kategori dosa besar.

Ilustrasi minuman keras (miras)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

5. Durhaka kepada orang tua

Terakhir, orang yang terhalang dari ampunan Allah SWT pada malam Nisfu Syaban adalah orang yang durhaka pada orangtua. Hal ini dikarenakan, dalam Islam, durhaka kepada orang tua termasuk dalam golongan dosa besar.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim berikut: “Maukah aku ceritakan kepada kalian dosa besar yang paling besar, yaitu tiga perkara? Kami menjawab, Ya, Rasulullah. Rasulullah berkata: Menyekutukan Allah, dan mendurhakai dua orang tua. Rasulullah sedang bersandar lalu duduk, maka berkata Rasulullah: Tidak mengatakan kebohongan dan kesaksian palsu. Beliau terus mengulanginya sampai kami berkata semoga beliau berhenti."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya