5 Rekomendasi Jurusan Kuliah bagi yang Tak Suka Matematika

Ilustrasi belajar matematika.
Sumber :
  • U-Report

VIVA EdukasiMatematika merupakan pelajaran yang sudah kita dapatkan bahkan dari bangku Sekolah Dasar. Namun, ternyata banyak dari kita yang tidak menyukai Matematika. Apakah kamu salah satunya?

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Kamu sebagai calon mahasiswa yang kurang tertarik dengan pelajaran yang ada hitung-hitungannya. Namun, tenang saja masih ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kalian, berikut penjelasannya.

Berikut rekomendasi jurusan kuliah bagian yang tak suka Matematika yang dapat VIVA berikan ke kamu:

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

1. Ilmu Komunikasi

Ilustrasi komunikasi.

Photo :
  • vstory
Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Jurusan yang minim pelajaran Matematika selanjutnya adalah Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi sendiri merupakan jurusan yang banyak dipilih dan juga banyak tersedia di beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Ilmu Komunikasi secara luas mempelajari cara menyampaikan sebuah pesan secara lebih efektif dan efisien. Di dalam Ilmu Komunikasi sendiri terdapat banyak percabangan peminatan, di antaranya Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, atau Komunikasi Strategis.

Dalam praktiknya tidak menutup kemungkinan ada proses Matematika, namun masih dalam level dasar. Nah, bagi kalian yang tertarik berkomunikasi atau berinteraksi dengan yang lain bisa memilih jurusan ini.

2. Hubungan Internasional

ilustrasi Majelis Umum PBB telah mengecualikan Rusia

Photo :

Hubungan Internasional juga bukan jurusan yang baru-baru ada. Jurusan ini sudah banyak terdapat di PTN maupun PTS yang ada di Indonesia. Hubungan Internasional atau biasa disingkat HI mempelajari tentang menjalin diplomasi luar negeri.

Dalam jurusan HI sendiri kemampuan atau fokus utama yang harus dimiliki oleh seorang lulusannya adalah cara bernegosiasi, presentasi, dan digitalisasi. Kalian yang memiliki minat dan bakat tentang gaya diplomasi bisa memilih jurusan ini.

Ilustrasi sastrawan.

Photo :
  • U-Report

Biasanya pada beberapa perguruan tinggi, jurusan Sastra memiliki kesamaan dengan Bahasa. Bedanya ketika di jurusan Bahasa, kalian akan belajar juga mengenai teori dan cara pengajaran bahasa.

Jurusan Sastra sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang tata bahasa, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain. Ketika kalian memilih jurusan Sastra kalian tidak perlu mempelajari matematika secara lebih mendalam.

Pada jurusan ini, mahasiswa juga diajarkan tentang sejarah bahasa, kehidupan masyarakat dan sejarah negara tersebut, serta arti-arti terjemahan bahasa dan sastra.

Ilustrasi filsafat pendidikan

Photo :
  • vstory

Kalian malas berhitung namun seorang yang kritis dan tertarik pada berpikir? Kalian bisa memilih jurusan Ilmu Filsafat ini. Filsafat sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara berpikir.

Ibaratnya, jurusan ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang ilmu. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Ilmu Filsafat di dalamnya.

Ilmu Filsafat memiliki berbagai macam cabang. Namun, filsafat dasar selalu diajarkan di dalamnya. Mahasiswa Ilmu Filsafat akan dibekali kemampuan berpikir kritis, bernalar logis, observasi, hingga melakukan analisis.

Bagi kalian yang tidak menyukai proses berhitung matematika, kalian bisa menjadikan jurusan Ilmu Filsafat sebagai referensi jurusan tanpa matematika.

5. Sejarah

Ilustrasi sejarah

Photo :
  • Antara/ Arief Priyono

Sejarah merupakan salah satu jurusan yang banyak berada di perguruan tinggi. Sejarah bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang tidak menyukai pelajaran Matematika. Jurusan ini mempelajari tentang segala peristiwa di masa lampau yang memiliki nilai atau makna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya