Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kuliah

Kesehatan mental
Sumber :
  • pixabay

Megamendung – Kesehatan mental masih menjadi salah satu topik yang sangat penting untuk didiskusikan. Dalam perayaan Dies Natalis ke-10, Universitas MH Thamrin (UMHT) mengajak para remaja hingga mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental terutama saat berada di dunia kuliah. 

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

Rektor Universitas MH Thamrin, dr. Daeng Mohammad Faqih SH, MH mengatakan bahwa dalam rangka Dies Natalis ini pihaknya ingin berkolaborasi dengan lini group (UMHT) termasuk di bidang kesehatan, yaitu RS MH Thamrin Cileungsi (Member of Radjak Hospital).  

"Dalam rangka Dies Natalis, kami ingin berkolaborasi dengan semua lini group UMHT, terutama di sektor kesehatan, rumah sakit. Kita memutuskan untuk berkolaborasi dengan RS MH Thamrin, member dari Radjak Hospital Group untuk mengajak anak muda lebih menjaga kesehatan mental terutama saat kuliah," ujarnya pada acara Seminar Kesehatan bertajuk Sehat Mental Dunia Kuliah, pada Selasa, 11 Juli 2023, di Ngopi Lumbung Padi, Megamendung, Puncak.

Diprotes Mahasiswa Uang Kuliah Naik, Wakil Rektor USU Sebut Disetujui Pemerintah

Universitas MH Thamrin kolaborasi dengan Radjak Hospital

Photo :
  • Arianti Widya

Menurut dr. Daeng, persoalan tentang kesehatan mental di kalangan milenial ini menjadi salah satu topik yang penting dan cukup ramai untuk di bahas. 

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ratusan Mahasiswa USU Demo Rektor

"Kita melihat persoalan yang sedang tren di kalangan milenial, nah salah satunya kesehatan mental ini. Jadi bagaimana kita mendorong anak muda untuk mengenali gejala gangguan mental, dan belajar untuk menghindarinya," tambah dr. Daeng. 

Dalam acara seminar ini juga menghadirkan dr. Pangeran Erickson Arthur Siahaan, Sp.Kj selaku Spesialis Kedokteran Jiwa di RS MH Thamrin Cileungsi. Ia turut menjabarkan cara dan tips mencegah gangguan mental saat memasuki atau menghadapi dunia kuliah.

Universitas MH Thamrin adakan seminar bertajuk Sehat Mental Dunia Kuliah

Photo :
  • Arianti Widya

"Kita generasi milenial, calon mahasiswa, para mahasiswa ini perlu untuk bisa mengenali diri mereka sendiri dan batasan mereka sendiri. Lakukan apa saja yang menurut diri kita bisa itu bisa membangun diri kita lebih baik, bertemu dengan orang-orang yang bisa membuat diri lebih baik," jelasnya. 

Menurutnya, teknologi juga menjadi pengaruh terhadap kesehatan mental, "Penggunaan teknologi ini juga menjadi salah satu faktor dari adanya kesehatan mental, maka dari itu, kita harus menggunakan teknologi seperti gadget secukupnya, gunakan ini secara disiplin,"

Sebagai informasi tambahan, di Universitas MH Thamrin akan segera menghadirkan fakultas kedokteran, namun masih menunggu kebijakan pemerintah. Hal ini turut disampaikan oleh dr. Daeng. 

"Sebenarnya kita sudah siap dari tahun 2019 untuk membangun fakultas kedokteran, gedung sudah ada di Salemba, peralatan juga sudah ada, tenaga kesehatan juga sudah dipersiapkan, namun kita masih mengikuti aturan kebijakan pemerintah. Ya, mudah-mudahan kebijakan pemerintah memberikan peluang kepada kita untuk membuka fakultas kedokteran ini," tutur dr. Daeng. 

Menurutnya, fakultas kedokteran di Universitas MH Thamrin ini akan membantu mendidik anak-anak bangsa di daerah yang masuk ke dalam kategori 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

"Pemerintah saat ini masih kesulitan untuk mendistribusikan tenaga kesehatan terutama dokter, nah kita ingin anak-anak bangsa dari 3T itu dididik untuk sekolah supaya mereka bisa membantu daerah mereka masing-masing,"

Sebagai informasi, kegiatan seminar kesehatan ini kolaborasi dengan program Curhat Dong Dok yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan tips kesehatan mental dari spesialis kedokteran jiwa dan psikolog Radjak Hospital.

Masyarakat bisa menanyakan isu mental health lewat media sosial Instagram @RadjakHospital ataupun mengunjungi langsung tim psikiater yang ada di cabang-cabang Radjak Hospital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya