Universitas Dian Nuswantoro Semarang Luncurkan Becak Listrik Autopilot

Wisudawan Udinus Semarang menaiki Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU)
Sumber :
  • Antara

Semarang – Gebrakan dibuat Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kampus yang berlokasi di Semarang Jawa Tengah itu meluncurkan Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), kendaraan otonom yang mampu melaju tanpa pengemudi.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Ketua tim pengembang Becik-KU, Ary Heryanto, di Semarang, Kamis, mengatakan, kendaraan listrik tanpa pengemudi ini mengaplikasikan teknologi automatic guided vehicle (AGV).

Kendaraan karya terbaru mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik.tersebut menggunakan baterai dan panel surya yang berada di bagian atap. "Kendaraan berdaya angkut empat penumpang ini mampu bergerak tanpa sopir," katanya seperti dilansir Antara, Jumat 25 Agustus 2023.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Sementara Rektor Udinus Semarang Edi Noersasongko menambahkan Becik-KU merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan kendaraan ramah lingkungan. "Jawaban atas kebutuhan kendaraan dengan energi terbarukan, tanpa bahan bakar minyak," katanya.

Menurut dia, hasil penelitian yang dukungan pendanaan seperti Becik-KU akan terus didukung. "Udinus diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan kota pintar di Semarang," katanya.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Becik-KU secara resmi diperkenalkan saat wisuda ke-78 Udinus Semarang yang diikuti oleh 1.293 wisudawan. (Antara)

RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024