Universitas MH Thamrin Resmikan Pusat OSCE

Universitas MH Thamrin
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, 16 November 2023 - Universitas MH Thamrin (UMHT) hari ini meresmikan Pusat OSCE (Objective Structured Clinical Examination), di kampus A yang berlokasi di Jalan Ray Pondok Gede, Jakarta Timur.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Pusat OSCE ini merupakan fasilitas pendukung bagi mahasiswa UMHT yang mengambil program studi kesehatan, khususnya keperawatan dan kebidanan.

Pusat OSCE UMHT dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung simulasi OSCE, seperti ruang simulasi, peralatan medis, dan manekin.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Ruang simulasi di Pusat OSCE UMHT menyerupai pengaturan klinikal yang sesungguhnya, sehingga mahasiswa dapat berlatih keterampilan klinis mereka secara realistis.

Pusat OSCE UMT diresmikan oleh Rektor UMHT, Daeng Mohammad Faqih. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Pusat OSCE ini merupakan salah satu upaya UMHT untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan.

Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

"Pusat OSCE ini akan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa UMHT. Dengan berlatih di Pusat OSCE, mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan praktik klinis di lapangan," ujarnya, dikutip VIVA Edukasi.

Peresmian Lab OSCE Universitas MH Thamrin

Photo :
  • Istimewa

Dalam OSCE, mahasiswa diuji melalui serangkaian stasiun atau pos yang berbeda, di mana mereka dihadapkan pada skenario-skenario klinis yang simulatif.

Mereka harus menyelesaikan tugas-tugas atau memecahkan masalah klinis yang diberikan dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Setiap stasiun biasanya fokus pada keterampilan atau aspek tertentu dalam praktik klinis, seperti komunikasi dengan pasien, keterampilan pemeriksaan fisik, pemecahan masalah, atau pengambilan keputusan klinis.

Sebagai informasi, UMHT yang didirikan oleh dr H Abdul Radjak saat ini memiliki empat fakultas, yakni Fakultas Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komputer, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Fasilitas yang disediakan mulai dari Lab CBT (Computer Based Test), Lab Osce untuk ujian prodi perawat dan bidan, Mini Hospital, Lab Gizi, Lab Kimia dan Biologi, Lab Simulasi, Galeri Investasi, sampai dengan perpustakaan dan lapangan futsal.

UMHT juga telah membuka prodi baru yaitu Magister Manajemen (S2), melengkapi prestasi sebelumnya di mana mereka menyediakan prodi Kesehatan Masyarakat (S2).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya