Ustaz Adi Hidayat Ajarkan Ini Jika Syahwat Sering Muncul Tak Tertahankan

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • YouTube Adi Hidayat Official

Jakarta – Pada dasarnya manusia memiliki nafsu atau syahwat di dalam diri yang apabila tidak dikontrol dengan baik, maka syahwat ini dapat menjerumuskan manusia ke hal-hal negatif.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Oleh karenanya syahwat tidak bisa dianggap remeh atau dipandang sebelah mata. Apabila sedang bergejolak, terlebih untuk para lajang yang masih belum memiliki pasangan, maka syahwat bisa menjerumuskan kepada kemaksiatan.

Lantas, bagaimana cara mengendalikan syahwat agar terhindar dari kemaksiatan?

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Dilansir dari YouTube Ustaz Adi Hidayat Senin, 4 Desember 2023 penceramah kenamaan ini memberikan beberapa cara untuk mengontrol bergejolaknya syahwat supaya manusia bisa terhindar dari kemaksiatan.

Sempat Dilarang Nabi, Bagaimana Hukum Ziarah Kubur di Hari Lebaran? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

"Mencegah utama adalah sholat," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Menurutnya, sholat adalah cara paling ampuh untuk mengontrol munculnya syahwat. Saat posisi sujud, disarankan meminta kepada Allah agar diberi kemampuan mengendalikan syahwat.

"Maka dalam sujud mohonkan khusus kepada Allah supaya bisa dibimbing diberikan kekuatan oleh Allah untuk mengendalikan syahwatnya," saran

Jika sudah melakukan sholat namun masih kerap terlena dengan syahwat, maka Adi Hidayat memerintahkan untuk bertaubat atau memohon ampun kepada Allah SWT.

"Taubat jangan berhenti optimis terus," kata dia

Ustaz Adi Hidayat

Photo :
  • Tangkapan layar

Kemudian, sambung dia, tanamkan pada diri pemikiran bahwa ajal atau kematian bisa datang kapan saja, sehingga menjadi pengingat agar terlepas dari perbuatan maksiat.

"Rasakan kalau akan terpikir berbuat maksiat akan diwafatkan," ujar Ustaz Adi Hidayat

“Faktor pergaulan dan lingkungan juga penting, carilah teman-teman yang sholeh agar syahwat tidak mudah bangkit,” sambungnya

Terakhir, Adi Hidayat menyarankan untuk berlatih melaksanakan puas. Menurutnya, puasa adalah cara paling ampuh untuk mengontrol syahwat agar terhindar dari kemaksiatan.

"Latihan puasa, gitu ya sebab puasa itu paling efektif untuk bisa mencegah maksiat, maka kalau syahwat sedang muncul, sedang puasa gak akan dilakukan berat untuk melakukan itu," jelasnya

“Minimal pertama, takut batal puasanya. takut batal, kesananya lagi itu akan terbiasa," pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya