Buya Yahya Jelaskan Hukum Golput di Pemilu: Boleh, Tapi...

Penceramah Buya Yahya.
Sumber :
  • Istiewa

Jakarta – Ulama kenamaan, Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa  Buya Yahya menyampaikan hukum golput alias tidak menggunakan hak pilih di Pemilihan Umum (Pemilu) dalam sudut pandang Islam.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Beliau mengatakan, golput bisa dilakukan atau berlaku apabila tidak ada pilihan. Akan tetapi, bila dalam ijtihada atau usaha, seorang Muslim telah menemukan satu pilihan baik dari ulama atau keteguhan hati, maka wajib untuk memilih.

Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

“Golput itu berlaku jika memang tidak ada pilihan yang bisa dipilih. Jika dalam ijtihad, saat komunikasi dengan ulama dan sampai pada satu pilihan, maka anda harus pilih,” ujar Buya di Youtube Al-Bahjah TV dilihat Rabu, 14 Februari 2024.

“Tapi kalau memang mentok dan Anda tidak mampu (menentukan pilihan) maka golput berlaku, tapi golputnya bukan ikut-ikutan, melainkan golput hasil dari upaya ijtihad,” sambungnya.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Lebih lanjut, jika sulit menentukan pilihan, Buya menyarankan seorang Muslim untuk berijtihad dengan mencari informasi melalui orang alim, ulama, atau media yang terpercaya terkait informasi kandidat capres-cawapres.

“Kalau baik sama yang baik, pilih yang paling baik, kalau jelek sama jelek ada yang lebih tidak terlalu jelek, jadi masih ada yang bisa dipilih,” jelasnya.

“Maka disinilah tarjih (penilaian), Anda bisa melihat mana yang paling baik dari pilihan itu. Maka kalau sudah mentok golput baru sah,” sambungnya.

sorot golput sosialisasi pemilih pemilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Yang terpenting, kata beliau, dalam memilih pemimpin tidak ada kepentingan peribadi yang dapat merugikan banyak orang.

Jika itu dilakukan, Buya menjamin, sekalipun pemimpin yang dipilih berlaku buruk saat menjalankan kepemimpinannya kelak, maka orang-orang yang memilihnya tidak mendapat hukuman dari Allah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya