Potret Budaya dan Adat Batak Tempo Doeloe

Peluncuran buku 'Horas' di Kota Medan.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Sejumlah fotografer di Kota Medan, meluncurkan karya buku fotografi, dengan diberi nama 'Horas'. Buku ini, mengangkat tema dan menggambarkan 'Batak Tempo Doeloe', dikemas dengan seni fotografi berkualitas disajikan dalam 82 halaman.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Salah satu fotografer yang terlibat dalam produksi buku Horas ini, Palti Siregar menjelaskan buku ini, bermula dari rasa penasaran akan bagaimana batak tempo dulu. Atas hal itu, Batak Imagery menciptakan sebuah foto konsep tentang Adat dan Budaya Batak Toba serta Aktifitas yang kerap dilakukan orang Batak dahulu kala.

“Contohnya kayak pasar, jaman dahulu gimana,itu kita gambarkan dalam fotografi. Terus juga bagaimana mossak atau seni bela diri Batak Toba yang sudah hampir punah, dan masih banyak lagi," jelas Palti Siregar dalam sesi jumpa peluncuran buku 'Horas' di Kota Medan, Jumat 23 Februari 2024.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Tak hanya tentang keindahan, buku fotografi ini juga diciptakan bertujuan untuk literasi dalam bentuk visual.“Kita ingin generasi yang sekarang dan yang akan datang tidak lupa akan sejarah makanya kita gambarkan ulang melalui foto yang kita konsep ini,” ucap Palti.

Dipersiapkan sejak November 2023, hampir lima bulan persiapan hingga terciptanya buku ini.“Mulai dari riset kecil-kecilan, diskusi dengan para senior serta budayawan, survei lapangan sudah kita lakukan sebelumnya," sebut Palti.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Ferdy Siregar, Akademisi Fotografi yang juga terlibat dalam buku foto ini menyebut, foto yang berjumlah 50 dengan melibatkan 15 fotografer ini tak seluruhnya merupakan foto konsep.

“Ada juga beberapa foto yang memang menjadi kegiatan tahunan di seputaran Toba yang menjadi pelengkap di buku foto ini,” katanya.

Ferdy juga menjelaskan bahwa buku fotografi ini dapat dijadikan referensi untuk mempelajari Batak Toba secara umum “Ya mungkin belum selengkap tulisan, namun kita coba ramu melalui visual agar orang tertarik untuk belajar budaya Batak Toba,” jelas Ferdy.

Diharapkan buku fotografi yang akan diserahkan ke perpustakaan dan museum negeri ini dapat menambah wawasan serta menjadi referensi masyarakat akan adat dan budaya Batak Toba dan tak lupa akan sejarah.

Ke depannya Batak Imagery akan membuat projek projek adat atau suku lainnya “Mungkin yang terdekat kita akan eksplor Barus,Tapteng di mana sebagai titik nol peradaban Islam di Indonesia,” tutur Ferdy.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya