Konflik Ponpes Terkurung di Depok, Kecamatan Beji akan Lakukan Mediasi

Kondisi ponpes yang terkurung di Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok turun tangan mengatasi konflik antara Pondok Pesantren (Ponpes) Khoirur Rooziqiin dengan warga sekitar. Dalam waktu dekat Kecamatan Beji akan melakukan mediasi antara ponpes dengan para ahli waris pemilik lahan yang digunakan sebagai akses masuk sementara.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

“Rencananya di Kantor Kecamatan Beji kami akan melakukan mediasi dengan mempertemukan pihak terkait, termasuk ahli waris tanah, agar ada titik temu atau keputusan yang disepakati. Pasalnya, saat ini Ponpes Khoirur Rooziqiin tidak memiliki akses jalan masuk,” kata Camat Beji, Hendar Fradesa.

Dikatakan pemerintah selalu hadir dalam menyelesaikan konflik ini. Salah satunya membantu mediasi sehingga ponpes dapat akses jalan sementara dari warga.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

“Kemarin saat ditutup kembali oleh pihak pemilik tanah kami memohon atas nama Forkopimcam Kecamatan Beji untuk dibukakan kembali sampai dengan adanya kesepakatan pembelian lahan dari pihak ahli waris,” ujarnya.

Dia berharap agar permasalahan ini dapat segera selesai. Sehingga tidak ada lagi konflik antara ponpes dengan warga sekitar. Untuk sementara, Forkopimcam Beji meminta kepada ahli waris tanah, untuk membuka kembali akses jalan ke Ponpes.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

“Kita berharap supaya adanya titik temu. Kalau sudah ada titik temu, saya kira masalah ini akan selesai. Komitmennya sampai kemarin Senin akses jalan dibuka. Keputusan lainnya akan menyusul setelah negosiasi pada kamis nanti,” ungkapnya.

Pihaknya terus melakukan upaya agar menemukan upaya kongkret dari penyelesaian sengketa tersebut. Karena saat ini akses jalan yang diberikan warga hanya bersifat sementara.

“Kami ingin menyampaikan kepada ahli waris, untuk sementara memberikan akses jalan dulu, sampai ada kemana mustinya Ponpes ini memiliki akses yang tepat,” tutupnya.

Baca artikel Edukasi lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya