Keren! Bocah 6 SD di Lampung Buat Game Petualangan, Tersedia HP Android

Fitria, siswi kelas 6 SD membuat game petualangan Jelajah Lampung
Sumber :
  • tvOne/Pujiansyah

Bandar Lampung - Seorang siswi pelajar kelas 6 sekolah dasar (SD) di Bandar Lampung membuat game edukasi Android keren yang bertemakan memperkenalkan provinsi Lampung ke dunia Internasional. 

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Game yang dibuat Fitria ini berjudul "Jelajah Lampung Berjaya" dan "Lorong Toleransi Pancasila". Keduanya sudah bisa diunduh gratis di Play Store.

Fitria bercerita bahwa hobinya memang bermain game. Ayahnya kemudian mengarahkannya untuk mencoba membuat game sendiri.

Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Tempat Penyimpanan Dupa, Diduga Dibunuh Tantenya

"Ayah melihat aku sering main game, lalu menyuruh aku belajar coding biar bakatnya tersalurkan, terus aku mau. Ternyata belajar coding itu enak dan asyik walaupun awalnya agak susah, jadi ya udah. Awal mula aku buat game itu dari HP, lanjut kursus private," kata Fitria, Rabu, 20 Maret 2024

Game "Jelajah Lampung Berjaya" bertujuan untuk mengenalkan Provinsi Lampung ke dunia. Pemain akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Lampung dan 15 Kabupaten/Kota di sana.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Sedangkan game "Lorong Toleransi Pancasila" memberikan pesan tentang pentingnya hidup bertoleransi antar sesama agar bisa hidup berdampingan walaupun latar belakangnya berbeda.

"Untuk membuat aplikasi ini pakai program dari Unity sama Konstruk 3D, sekitar tiga bulan proses pembuatannya," ucapnya.

Dua game yang dibuat tersebut tujuannya untuk mengenalkan Provinsi Lampung di kancah internasional. Selama membuat game tersebut, ia diarahkan oleh sang ayah dalam menentukan konsep game.

"Game Jelajah Lampung Berjaya ini memang aku yang buat, tapi untuk konsepnya seperti apa, ya ayah yang mengarahkan," kata Fitria.

Fitria menuturkan sejumlah fitur di dalam game Jelajah Lampung Berjaya yang dibuatnya itu, berupa sejarah lengkap Provinsi Lampung. Berikut data lengkap 15 kabupaten/kota yang ada di daerah tersebut.

Kemudian, game Lorong Toleransi Pancasila, pengguna bisa menggunakan fitur yang memberikan pesan tentang pentingnya hidup rukun serta damai dalam kehidupan berbangsa.

Selain dua game di Play Store, Fitria juga membuat game lain yang bisa dimainkan di aplikasi Roblox.

Meskipun tertarik dengan dunia game, Fitria tetap mengutamakan pendidikannya. Ia berjanji kepada orang tuanya untuk terus menuntut ilmu hingga jenjang tertinggi.

"Belajar di rumah tetap yang utama, biarpun suka game, saya tetap rajin belajar. Itu juga pesan ayah, untuk tetap mengutamakan sekolah," ujarnya

Laporan: Pujiansyah/tvOne Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya