5 Dosa Besar yang Tercantum Dalam Al Quran

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

VIVA – Dosa akan muncul disebabkan oleh tindakan manusia yang melanggar perintah Allah SWT. Menurut ajaran agama Islam, dosa terbagi menjadi dosa besar dan dosa kecil. Setiap orang yang beragama Islam harus berusaha menghindari dosa besar ini karena jika mereka tidak menghindarinya, mereka akan termasuk dalam ahli neraka.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Didalam Al Quran, Allah SWT berfirman yang artinya : “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar diantara dosa-dosa yang kamu dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami memasukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” (QS. An-Nisa : 31)

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.

Photo :
  • Freepik/jcomp
Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Dilansir dari Sedekah Lagi pada Senin, 25 Maret 2024, berikut 5 dosa-dosa besar yang tercantum dalam Al Quran : 

1.Durhaka Kepada Orang Tua

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Dari Imam Nawawi di dalam kitab Al-Minhaj Syarh Shahih Muslim (2:77) berkata, durhaka kepada orang tua adalah segala sesuatu bentuk yang menyakiti orang tua.

Di kalangan ulama juga mengatakan bahwa taat dan patuh kepada orang tua itu hukumnya wajib dalam segala hal selama bukan dalam maksiat. Dosa durhaka kepada orang tua terdapat di dalam Al Quran sebagai berikut yang artinya : 

“Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau dua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘Ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’:23)

2.Meninggalkan Shalat 5 Waktu

Jika seorang muslim meninggalkan sholat 5 waktu, artinya dia melanggar perintah Allah SWT. Orang yang meninggalkan sholat juga disebut lalai dan meremehkan perintah allah ta'ala. Orang-orang seperti ini akan menerima balasan, yaitu lembah terdalam neraka Jahannam.

Di dalam Alquran, dosa meninggalkan sholat lima waktu, yang berarti:

Allah SWT berfirman “Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, orang-orang yang lalai terhadap shalatnya” (Al-Maun: 4-5)

3.Dosa Syirik

Syirik adalah orang yang memalingkan ibadah mereka kepada selain allah. Dan orang yang memalingkan Allah SWT disebut Musyrik

Al Qur'an menunjukkan bahaya syirik, yaitu

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik,dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (Syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. (QS An-Nisa’: 48)

4.Dosa Sihir

Sihir benar adanya seperti yang disebutkan di dalam ayat alquran yang artinya

“Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya.” (QS. Al-Baqarah : 102).

5.Membunuh Saudara Muslim

Ilustrasi meminta doa kepada Allah.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Membunuh sesama muslim adalah dosa besar, dan orang yang melakukannya pasti akan masuk ke dalam api neraka. Menurut Rasulullah SAW, membunuh seseorang adalah haram kecuali dengan alasan yang dibenarkan oleh Allah SWT, yang artinya : 

"Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah Jahannam, ia kekal di dalamnya, Allah murka kepadanya dan mengutuknya serta menyediakan azab yang besar baginya." (QS. An-Nisa : 93)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya