Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

workshop Swiss German University
Sumber :
  • swiss german university

JAKARTA – Swiss German University (SGU) bekerjasama dengan PT Andal Wahana Sinergi (PT AWASIN) dan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) menyelenggarakan Workshop Lean 4.0 dengan tema “The integration of Lean principles and Industry 4.0 to attain enhanced levels of productivity, quality, and flexibility in the operations”, pada 5 Maret 2024.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Workshop ini dirancang untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menerapkan Lean 4.0, sebuah metodologi yang berfokus pada peningkatan efisiensi dan produktivitas dalam industri manufaktur.

Pada workshop ini, para dosen Teknik Industri SGU berbagi pengetahuan mengenai konsep Lean 4.0 dan aplikasinya di industri. Kemudian PT AWASIN mendemonstrasikan peralatan predictive maintenance dan quality inspection yang memanfaatkan teknologi computer vision. Lalu PIDI 4.0, sebagai pusat industri digital yang diprakarsai oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mendukung workshop ini dengan menyediakan platform dan infrastruktur digital yang dibutuhkan.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

“SGU berkomitmen untuk mendukung transformasi industri di Indonesia melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan, termasuk workshop Lean 4.0 ini. Kami berharap workshop ini dapat membantu para peserta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam Lean 4.0, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri di era digital.”, ujar ujar Dr. Maulahikmah Galinium, S.Kom, M.Sc., selaku Dekan Fakultas Teknik dan Teknnologi Informasi SGU.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Selain itu Dr. Felix Arril Simbara Barus SE, MBA, Ph.D, Kepala Tim Engineering & AI PIDI 4.0, berpendapat bahwa SGU adalah salah satu mitra universitas PIDI 4.0. yang memiliki kurikulum pendidikan yang sangat baik dengan expertise yang mumpuni, memadai dan kompeten. Oleh karena itu sangat cocok dan ideal untuk melatih peserta Workshop Lean 4.0.

Workshop Lean 4.0 diharapkan dapat memberikan pengetahuan mendalam mengenai konsep Lean 4.0 dan aplikasinya di industri, karena dengan pemahaman dan penerapan konsep Lean 4.0 yang tepat, dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing industri di era digital.

Kolaborasi antara SGU, PT AWASIN, dan PIDI 4.0 ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan program Making Indonesia 4.0 yang diusung Kementerian Perindustrian RI, guna mendorong transformasi industri di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SGU, dapat mengunjungi laman resmi SGU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya