Masih Bingung? Simak Penjelasan Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri Ini

Ilustrasi kemasan makanan.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Banyak orang masih bertanya-tanya soal boleh atau tidaknya makan sebelum salat Idul Fitri. Bagaimana sebenarnya hukum makan sebelum sholat Idul Fitri?

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Idul Fitri 1445 Hijriah sudah di depan mata. Setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh, umat Muslim akan bertemu dengan hari yang suci ini.

Di hari itu, umat Muslim akan melaksanakan salat Idul Fitri yang biasanya digelar berjamaah.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi Makanan ala Perancis

Photo :
  • ist

Ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan umat Muslim sebelum melaksanakan salat Id. Salah satunya adalah makan sebelum salat Id. Hal tersebut tertera dalam sebuah hadis yang bunyinya sebagai berikut, melansir NU Online.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Artinya:

"Adalah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pergi untuk melakukan salat Idul Fitri sampai beliau memakan tujuh buah kurma."

Dengan demikian, hukum makan sebelum sholat Idul Fitri adalah sunah. Artinya, umat Muslim dibolehkan, bahkan dianjurkan untuk makan sebelum salat Id.

Dalam penjelasan hadis tersebut, Al-Munawi dalam kitabnya Faidlul Qadir menuturkan bahwa sebelum pergi ke tempat salat Idul Fitri, Rasulullah terlebih dahulu memakan tujuh butir kurma di rumah.

Ilustrasi Makan

Photo :
  • IG @@taeyangsung.id

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menegaskan dihapusnya keharaman berbuka puasa sebelum dilaksanakannya salat Idul Fitri. Pada masa awal-awal Islam, berbuka puasa sebelum salat Idul Fitri sempat diharamkan.

Umat Muslim dianjurkan untuk memakan kurma sebelum salat Idul Fitri. Jika tak sempat di rumah, kurma juga boleh dimakan dalam perjalanan menuju tempat salat.

Jika tak ada kurma, umat Muslim juga boleh menggantinya dengan minum. Perlu diketahui, dalam hal ini, minum memiliki ketetapan hukum yang sama dengan makan.

Demikian penjelasan mengenai hukum makan sebelum sholat Idul Fitri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya