Dituding Plagiat, Prof Kumba Mengundurkan Diri Sebagai Dekan FEB Unas

Eks Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unas, Profesor Kumba Digdowiseiso
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Profesor Kumba Digdowiseiso secara resmi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) Jakarta.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Pernyataan Kumba disampaikan secara lisan kepada media pada Kamis 18 April 2024. Langkah pengunduran diri ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban akademis.

Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Photo :
  • Kelas Karyawan
5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

"Pengunduran diri saya ini merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis saya kepada Rektor Unas dan civitas akademika agar tidak membebani kampus dalam melakukan investigasi terhadap persoalan yang sedang saya hadapi," kata Kumba di Unas, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui Kumba diduga mencantumkan nama orang lain dalam publikasi ilmiah seperti dituliskan media retractionwatch.com,  11 April 2024 lalu.

Dituding Plagiat, Prof Kumba Digdowiseiso: Itu Tidak Benar, Siap Ikuti Pemeriksaan!

Terkait hal itu, Kumba menjelaskan, tuduhan terhadap dirinya tidak benar, dan tidak memiliki dasar. Bahkan ada kesan menjatuhkan nama baik dirinya dan bersifat character assassination.

"Saya sangat menjunjung tinggi integritas akademis, dan oleh karenanya saya bersedia dan siap untuk menjalani proses terkait dengan tuduhan, dugaan dan fitnah yang ditujukan pada saya sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diatur dalam Undang-Undang dan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Kumba mengharapkan agar semua pihak mengedepankan sikap yang obyektif dan rasional terhadap persoalan ini.

Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Photo :
  • Fisip Unas

"Perlu diketahui bahwa selama tujuh hari sejak persoalan ini mencuat ke publik, saya sangat menghormati proses investigasi internal yang sedang berlangsung walaupun saya sadar setiap waktu yang dilewati akan mengorbankan nama baik saya di media," imbuhnya.

Terakhir, Kumba mengatakan pernyataan ini perlu disampaikan untuk menjaga perasaan istri dan kedua anaknya yang bersekolah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya