'Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar' Jadi Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

Logo Hari Pendidikan Nasional 2024
Sumber :
  • Kemendikbudristek

VIVA – Setiap tahunnya, tanggal 2 Mei menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan tema yang menginspirasi, yaitu "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar," sebagai simbol semangat dalam peringatan ini.

Bentuk Nilai Moral dan Budi Pekerti, Kepala Sekolah dan Guru Binaan Ikut Seminar Motivasi

Tentang Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

Logo Hari Pendidikan Nasional 2024

Photo :
  • Kemendikbudristek
Kurikulum Merdeka, Tak Seribet yang Dibayangkan

Dalam Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 yang dirilis di laman Kemendikbudristek, tema tersebut disertai dengan penegasan bahwa bulan Mei 2024 ditetapkan sebagai "Bulan Merdeka Belajar." 

Melalui tema ini, Kemendikbudristek mendorong partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk instansi pusat, daerah, dan satuan pendidikan, untuk merayakan Hardiknas dan Bulan Merdeka Belajar dengan kreativitas yang tinggi.

Kick Off PPDB Jabar 2024, Bey Machmudin: Tak Ada "Titip Titipan"

Selain itu, imbauan lainnya dalam Hardiknas ini adalah untuk memposting konten terkait peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 dan Bulan Merdeka Belajar 2024 di media sosial dengan menambahkan tagar #Hardiknas2024 dan #LanjutkanMerdekaBelajar.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Ki Hajar Dewantara

Photo :
  • Istimewa

Sejarah Hardiknas juga tak lepas dari peran besar Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Melalui perjuangannya, Ki Hajar Dewantara membawa pengaruh yang mendalam bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Perguruan Taman Siswa yang ia dirikan juga memberikan kesempatan kepada banyak orang pribumi untuk mendapatkan hak pendidikan. Meskipun menghadapi berbagai rintangan, semangat dan dedikasi Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan tetap terangkum dalam semboyan yang kini menjadi pilar sistem pendidikan Indonesia, "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani."

Peringatan Hari Pendidikan Nasional bukan hanya tentang mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tetapi juga tentang menanamkan rasa cinta Tanah Air dan semangat kebangsaan kepada seluruh pelaku pendidikan di Indonesia. 

Dengan tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar," kita diingatkan untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan dan mendorong semangat belajar yang merdeka bagi generasi masa depan. Semoga peringatan Hari Pendidikan Nasional ini menjadi pendorong bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya