Terungkap, Alasan Mulia Mbah Guru Matematika yang Viral di TikTok Bagikan Ilmu Secara Gratis

Viral Pensiunan Guru Mbah Melan Live TikTok Ngajar Matematika
Sumber :
  • VIVA | Eddy Suryana (tvOne)

VIVA – Sosok Melan Achmad atau yang dikenal dengan julukan Mbah Guru Matematika ini seketika menyedot perhatian warganet di media sosial. Hal tersebut tentu tak lepas dari aksinya saat mengajar di tengah usianya yang sudah renta melalui platform TikTok pribadinya @binaprestasiswa. 

Heru Budi Rekomendasikan 4.000 Guru Honorer Dapat Dapodik

Pensiunan seorang guru yang pernah mengajar di sekolah itu belakangan ini ramai menjadi perbincangan pengguna media sosial hingga aksinya dalam mencerdaskan bangsa itu pun viral dan menuai banyak decak kagum.

Meskipun usianya sudah mencapai 78 tahun, pria asal Purworejo Jawa Tengah ini masih menunjukkan semangatnya yang luar biasa dalam membagikan ilmu matematika. Sosoknya viral setelah dirinya aktif memberikan edukasi seputar ilmu matematika di TikTok pribadinya yang ia siarkan melalui siaran live streaming.

Heru Budi Bicara Nasib 4.000 Guru Honorer yang Terancam Diberhentikan

Sebagai informasi, Mbah Guru Matematika atau Melan Achmad ini melakukan siaran langsung di TikTok pribadinya dalam dua sesi. Di mana pada sesi pertama itu berlangsung pukul 16.00 hingga 17.30 WIB. Dan kemudian, dilanjuti pada sesi kedua yang berlangsung pada 19.30 hingga 21.00

Meskipun berjam-jam dalam mengajarkan bagaimana memahami matematika secara praktis lewat TikTok, Melan Achmad mengaku tak masalah dan menjalaninya dengan hati yang senang. Ditambah Mbah Melan sapaannya juga mengungkapkan bahwa program matematika praktis yang diajarkannya itu diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada para siswa-siswinya secara online.

PJ Gubernur Jakarta Pastikan 107 Guru Honorer yang Dipecat akan Disalurkan ke Sekolah Lain

Hal tersebut tak lepas dari alasan mulia di balik Mbah Guru Matematika berikut ini. Dilihat dari unggahan akun Instagram milik @daaitvindonesia, Melan Achmad atau Mbah Melan ini mengungkapkan terkait alasannya mau membagikan ilmunya secara gratis kepada seluruh para pengguna media sosial yang ada di Tanah Air melalui livenya TikToknya tersebut.

Dalam video tersebut terlihat ada seorang wanita yang bertanya kepada Mbah Melan atau Mbah Guru Matematika, terkait aksi terpujinya yang mau mengajarkan ilmu matematika secara gratis.

"Ilmu kan mahal ya mbah, kok mbah mau ngajar gratis di tiktok?” tanya seorang wanita dalam video tersebut, dikutip VIVA.co.id pada Jumat, 7 Juni 2024.

Terungkap alasan mulia dari sosok Mbah Melan yang selama ini tanpa pamrih memberikan ilmu matematikanya secara cuma-cuma kepada pengikutnya di siaran live.

"Pertama, mbah akan membagi-bagi ilmu bagi anak-anak bangsa, kedua tuker pengalaman, bagaimana guru zaman dulu dengan zaman sekarang beda, ketiga mencerdaskan anak bangsa lewat matematika praktis," ungkap pria yang dijuluki Mbah Guru Matematika.

Mengejutkan, alasan mulia Mbah Melan itu karena ingin bisa membagi-bagi ilmunya bagi anak-anak penerus bangsa Indonesia. Selain itu, ia juga bisa bertukar pengalaman dengan pengajaran maupun pelajaran saat ini dan zaman dulu. Terakhir, Mbah Melan ingin bisa mencerdaskan anak bangsa melalui kemampuannya itu. 

Lebih lanjut, dirinya juga mengimbau kepada anak-anak muda yang sering kali merasa gagal agar tidak menganggapnya sebuah kegagalan.

"Pada anak-anak muda yang kira-kira gagal ini gagal itu jangan dianggap suatu kegagalan tapi dianggap suatu prestasi yang tertunda," nasihat Melan Achmad, pensiunan yang kini namanya viral di TikTok.

Reaksi Warganet

Aksi terpujinya yang memberikan pendidikan secara gratis kepada muridnya melalui TikTok ini pun sukses menyedot perhatian warganet di media sosial.

"Bisa kali collab sama jerome," tulis warganet.

“Semoga sehat selalu Mbah,, lancar rezekinya, berkah ilmunya," tandas pengguna media sosial lainnya.

"di mana bisa dapetin buku matematika praktisnya Mbah?" seru lainnya.

"Mengajar pakai hati," tulis lainnya.

“Sosok inspiratif yang selalu ditunggu di dunia pendidikan," kata lainnya.

"kak @jeromepolin coba collab konten sama mbah ini dong," seru lainnya.

"@jeromepolin cuss langsung ketemuan sm Mbah Guru," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya