Universitas Atma Jaya Lahirkan Berbagai Inovasi Olahan Produk Tempe

Pabrik Tahu Tempe
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) melalui Fakultas Teknobiologi (FTb) dan Pusat Penelitian & Pengembangan Tempe (PPPT) UAJ menggelar Lomba Kreasi Masakan Tempe serta workshop pengolahan tempe. Acara ini sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis UAJ ke-64 dan peringatan Hari Tempe Nasional.

Malam Muda-mudi Jakarta Fair 2024 Semarakkan HUT DKI ke-497, Seru Abis!

Acara ini terbuka untuk masyarakat umum dan komunitas UAJ di mana para peserta diundang untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam mengolah tempe menjadi berbagai hidangan lezat dan bergizi.

Lomba juga dirancang untuk memperkenalkan dan mengapresiasi tempe sebagai bahan makanan yang kaya akan gizi dan mendorong inovasi kuliner

Pecinta Kuliner dan Keju, Yuk Merapat!

Selain lomba, workshop gratis juga diadakan sebagai bentuk edukasi pembuatan tempe yang sehat dan higienis, serta pembuatan skincare dan bodyscrub dari bahan dasar tempe.

"Tempe itu punya banyak manfaat. Penelitian kami membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi tempe, kita dapat meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan daya ingat agar tidak cepat pikun. Maka dari itu, kita rencakan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin, supaya tempe ini dapat lebih dikenal dan semakin mendunia," tutur Dekan Fakultas Teknobiologi, Yogiara, Ph.D.

Ketahui 5 Bagian Tubuh Anak yang Tidak Boleh Disentuh Orang Lain Kecuali Orang Tua

"Bagi para peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini, saya ucapkan selamat, Bapak/Ibu adalah pemenang dan telah menghasilkan karya terbaik untuk memajukan kuliner nasional kita,” lanjutnya.

Acara juga dihadiri oleh kampung Tempe Ciomas yang merupakan mitra binaan tim pengabdian dari P3T dengan menjual berbagai produk olahan inovasi tempe seperti cireng tempe, coklat tempe, puding tempe dan kering tempe.  

Antusiasme peserta terlihat dari berbagai kreasi masakan tempe yang dipamerkan. Mulai dari hidangan bertema tradisional hingga modern, semua disajikan dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi. 

Kreativitas dan semangat para peserta juga terlihat dari luasnya potensi tempe sebagai bahan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat dan bernutrisi.

Setelah lomba, para peserta juga diundang untuk mengikuti workshop gratis yang diselenggarakan oleh P3T UAJ. Sebagai lembaga penelitian pangan berbasis tempe, PPPT UAJ berhasil menghasilkan berbagai macam produk olahan dari bahan tempe yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kuliner dan kecantikan. 

Produk-produk ini diolah dengan teknologi fermentasi yang terus disempurnakan dan melalui proses produksi yang higienis. 

Melalui Workshop ini peserta diajak untuk memahami mekanisme pembuatan tempe higienis dan cara membuat skincare dan body scrub. Minat pesera sangat tinggi dalam mempelajari lebih dalam tentang proses produksi dan manfaat tempe selain sebagai bahan makanan.

Tempe sebagai salah satu warisan kuliner Indonesia diharapkan dapat terus dikembangkan dan diapresiasi baik di dalam maupun luar negeri. Inisiatif ini juga selaras dengan upaya mempromosikan tempe sebagai produk unggulan Indonesia yang memiliki nilai gizi tinggi dan multifungsi. 

Dengan adanya kegiatan ini, UAJ berharap masyarakat dapat memperoleh wawasan baru terkait manfaat tempe, pengolahan tempe yang inovatif dan sehat, serta kegunaannya untuk banyak hal lainnya. Unika Atma Jaya percaya tempe mampu menjadi makanan tuan rumah di negara sendiri.

Baca artikel Edukasi menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya