Jurusan Kuliah Unik di Indonesia, Langka dan Menjanjikan di Masa Depan

Jurusan kuliah unik di Indonesia yang menjanjikan di masa depan
Sumber :
  • UPDMB

VIVA EDUKASI – Menentukan jurusan kuliah terbaik ketika melangkahkan kaki ke jenjang perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangkan yang mesti dipikirkan secara matang hingga menghasilkan kesepakatan bulat. Keputusan tersebut menjadi langkah awal menyongsong cita-cita yang kamu inginkan di masa depan cerah.

Kebiasaan Frugal Living yang Diterapkan Warren Buffett dalam Menghemat Uang

Salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah passion. Setiap orang mempunyai perbedaan atas ketertarikan terhadap suatu bidang. Termasuk minat pada hal-hal yang tak biasa (anti mainstream). Sehingga membuat ia ingin berkarier di bidang tersebut.

Tak seperti jurusan kedokteran, hukum, psikologi hingga manajemen yang sudah lumrah di telinga. Ternyata ada lho jurusan unik yang disediakan kampus terbaik di Indonesia untuk menyalurkan passion tersebut. Meskipun langka dan sepi peminat tetapi jurusan kuliah ini mempunyai prospek cerah di masa depan lho.

12 Kampus yang Punya Jurusan Jurnalistik di Indonesia, Ada Universitas Impianmu?

Penasaran? Berikut jurusan unik di Indonesia yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah terbaik. Scroll terus untuk lanjut membaca

Ilustrasi belajar online.

Photo :
  • Dok. Istimewa
10 Universitas dengan Jurusan Kuliah AI Terbaik di Dunia, Ada Asia Tenggara!

Jurusan Kuliah Unik di Indonesia

1. Seni Pertunjukkan Boneka

Pertunjukkan boneka tak hanya sebatas pementasan saja lho. Ternyata ada ilmu yang dipelajari para dalang boneka dalam menyaksikan pertunjukan yang menarik, yakni jurusan Seni Pertunjukkan Boneka.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang berjiwa seni dan kreativitas tinggi. Mahasiswa akan diajarkan seni pertunjukan boneka tradisional dan modern, pembuatan boneka, penyutradaraan, hingga seni peran. 

Peluang kariernya pun terbuka lebar di berbagai bidang, seperti teater boneka, film animasi, edukasi anak, dan pertunjukkan seni. Salah satu universitas favorit tanah air yang menyediakan jurusan ini adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

2. Teknologi Batik

Jurusan unik lainnya adalah Jurusan Batik yang hanya ada di Universitas Pekalongan. Tak heran lantaran Pekalongan merupakan daerah yang tersohor sebagai kota Batik. 

Mahasiswa mempelajari teknik membatik tradisional dan modern, proses produksi batik, serta desain dan pengembangan motif batik. Jurusan Batik mempersiapkan para lulusan agar mampu menjadi pengusaha batik, desainer batik, atau peneliti di bidang batik.

Batik merupakan warisan budaya tak benda Indonesia yang telah mendunia. Jadi salah satu tanggung jawab generasi muda untuk melestarikan warisan nenek moyang ini. 

3. Pariwisata Bahari

Jurusan Pariwisata banyak disediakan perguruan tinggi negeri maupun kampus swasta. Namun, belum banyak universitas yang memiliki jurusan Pariwisata Bahari. Jurusan Pariwisata Bahari mempelajari pengelolaan pariwisata bahari, mulai dari atraksi wisata bahari, ekowisata bahari, hingga pemasaran pariwisata bahari kepada publik. 

Jurusan ini layak dipertimbangkan mengingat Indonesia terkenal dengan keindahan alam lautnya yang luar biasa. Bahkan dua pantai Indonesia masuk deretan pantai tercantik di dunia, yaitu Pink Beach dan Pantai Kelingking. Di mana prospek pekerjaanya mencakup pengusaha dan staf agen perjalanan wisata, bekerja di industri pariwisata bahari, resort, hingga hotel. Jurusan Pariwisata Bahari bisa kamu ambil di Universitas Hasanuddin.

Ilustrasi Wayang Kulit

Photo :
  • ist

4. Seni Pertunjukkan Wayang

ISI Yogyakarta juga menyediakan jurusan unik lain, yaitu jurusan Seni Pertunjukkan Wayang. Mahasiswa akan mendalami seni wayang yang mencakup pengetahuan tentang berbagai jenis wayang, teknik pedalangan, pembuatan wayang, serta mengasah kemampuan seni pertunjukan.

5. Sastra Jawa

Jurusan Sastra Jawa jadi salah satu jurusan unik di tanah air. Hanya ada empat kampus top yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Udayana. 

Para lulusan dibekali dengan penguasaan bidang bahasa, sastra, filologi dan atau budaya Jawa. meskipun terlihat sempit dan sangat mengerucut tetapi cakupan karir yang bisa kamu pilih tak kalah beragam dari jurusan umum lain lho. Mulai dari asisten peneliti bahasa dan sastra, jurnalis, penulis, penyunting atau editor, pekerja seni, pranatacara (MC Jawa), hingga pengajar (dosen atau guru).

Gambar kerangka tangan yang diuji oleh tim forensik.

Photo :
  • Istimewa.

6. Kriminologi

Jurusan kriminologi termasuk jurusan yang langka namun peminatnya cukup banyak. Jurusan unik hanya ada di tiga universitas Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. 

Mahasiswa akan mendalami seluk beluk kejahatan, perilaku kriminal, dan metode penyelidikan. Sehingga beberapa materi yang akan dipelajari pada jurusan ini adalah ilmu forensik, psikologi kriminal, dan hukum pidana guna membantu menegakkan keadilan. Lulusan dengan gelar S.Sos ini dibutuhkan oleh instansi pemerintahan hingga kepolisian, kejaksaan, BIN dan BNN. 

7. Desain Produk Kerajinan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember menyediakan jurusan unik yang bisa kamu pertimbangkan, yakni Jurusan Desain Produk Kerajinan. Jurusan ini memadukan seni dan teknologi untuk menciptakan produk kerajinan yang fungsional dan estetis. Materi perkuliahan meliputi pendalaman terhadap desain produk, teknik pembuatan, dan penggunaan bahan-bahan alami dan sintetis. Peluang karir dari jurusan langka ini adalah seniman kriya, pengusaha, hingga dosen.

Lilik Dwi Fajar Riyanto produksi alat musik gamelan Boyolali

Photo :
  • Dok Lilik Dwi Fajar Riyanto

8. Etnomusikologi

Mempunyai hobi dan ingin berkarier di bidang musik? Jurusan Etnomusikologi jadi pilihan bijak di dunia perkuliahan. jurusan ini menawarkan studi mendalam tentang musik dari berbagai budaya di Indonesia dan dunia. Materi yang diajarkan mencakup sejarah musik, teori musik, dan alat musik tradisional, serta melakukan penelitian dan pertunjukan musik.

Sarjana Etnomusikologi dapat bekerja sebagai pengamat dan peneliti serta melakukan advokasi terhadap tradisi musik nusantara. Jurusan unik ini terbilang eksklusif karena hanya sedikit kampus yang menyediakan, yaitu Universitas Sumatera Utara, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta. 

Unik dan langka jadi nilai tambah ketika kamu memilih jurusan-jurusan di atas. Lantaran kamu mempunyai kemampuan "berbeda" yang relatif dibutuhkan di dunia kerja. Namun, jangan lupa untuk bekerja keras, dedikasi, dan terus asah kreativitas guna mencapai kesuksesan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya