Irlandia Dibayangi Pengalaman Pahit Melawan Belgia

Skuad Belgia di Piala Eropa 2016
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVA.co.id – Irlandia akan menantang Belgia dalam pertandingan lanjutan Grup E Piala Eropa 2016. Bermain di Stade de Bordeaux, Prancis pada Sabtu 18 Juni 2016 malam WIB, kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan.

Hasil Drawing UEFA Nations League: Timnas Italia dan Prancis Tergabung di Grup Neraka

Di pertandingan sebelumnya, Irlandia yang tampil impresif harus menerima ditahan imbang 1-1 oleh Swedia. Sedangkan Belgia dipaksa tunduk 0-2 dari Italia. Ibarat macan terluka, skuad asuhan Marc Wilmots yang diisi banyak pemain bintang siap menerkam Irlandia.

(Baca juga: Kelakuan Jahil Eks Kapten MU di Latihan Timnas Irlandia)

Romelu Lukaku Lebih Garang Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe

Apalagi mereka memiliki bekal kepercayaan diri tinggi menyambut pertandingan ini. Sejarah mencatat, The Boys in Green --julukan Irlandia-- belum pernah bisa mengalahkan Belgia dalam 50 tahun terakhir.

Dan dilansir laman resmi UEFA, dalam pertandingan kompetitif (memperebutkan poin) yang mempertemukan kedua tim, Red Devils --julukan Belgia-- mencatatkan lima kemenangan. Sedangkan sisanya, dua pertandingan berakhir imbang.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa: Belgia Ngamuk, Spanyol dan Portugal Menang

Di pihak Irlandia, catatan sejarah itu tentu ingin dihentikan. Apalagi mereka menyimpan dendam yang amat menyakitkan pada 1997 lalu. Saat itu, The Boys in Green dihentikan langkahnya oleh Belgia di fase play off Piala Dunia 1998.

(Baca juga: Menanti Taji Belgia dan Portugal)

Kekalahan itu pun cukup menyakitkan. Setelah bermain imbang 1-1 di kandang sendiri, Irlandia kemudian mesti menyerah 1-2 kala bertandang ke King Baudouin Stadium, Basel, Belgia. Kalah agregat 2-3 memupus harapan skuad asuhan Mick McCarthy berlaga di ajang bergengsi yang diadakan di Prancis tersebut.

Berikut lima pertemuan terakhir kedua tim:

25 Maret 1981: Belgia 1-0 Irlandia (Kualifikasi Piala Dunia)
10 September 1986: Belgia 2-2 Irlandia (Kualifikasi Piala Eropa)
29 April 1987: Irlandia 0-0 Belgia (Kualifikasi Piala Eropa)
29 Oktober 1997: Irlandia 1-1 Belgia (Play off Kualifikasi Piala Dunia)
15 November 1997: Belgia 2-1 Irlandia (Play off Kualifikasi Piala Dunia)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya