Portugal ke 16 Besar, Sang Pelatih Tetap Tak Puas

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos (kanan)
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Portugal memang berhasil menembus babak 16 besar Piala Eropa 2016. Namun, dibalik kesuksesan Cristiano Ronaldo cs ada ketidakpuasan yang dirasakan oleh sang pelatih, Fernando Santos.

Kepulauan Faroe Berkembang Pesat, Portugal Harus Hati-hati

Tim berjuluk Selecao das Quinas ini memastikan langkahnya ke babak 16 besar Piala Eropa 2016, usai bermain imbang kontra Hungaria. Portugal bermain imbang 3-3 kontra Hungaria, dalam matchday 3 Grup F di Stade de Lyon, Kamis 23 Juni 2016 dini hari WIB.

(Baca juga: 2 Gol Ronaldo Bawa Portugal ke 16 Besar Piala Eropa)

Ronaldo Tak Masuk Daftar 20 Pemain Terbaik La Liga

Meski berhasil lolos ke fase knock-out, Portugal justru tak tampil impresif selama fase grup berlangsung. Bagaimana tidak, Portugal tak sekalipun meraih kemenangan dari tiga laga di fase ini. Portugal hanya mampu meraih tiga hasil imbang, dan lolos ke 16 besar dengan status peringkat ketiga terbaik.

Hal ini yang jadi ketidakpuasan Santos dengan kinerja tim yang dibesutnya. Meskipun, eks pelatih Timnas Yunani ini tetap memberikan kredit bagi anak asuhnya, terutama Ronaldo, yang dianggap memberikan performa maksimal sejauh ini.

Pelatih Ingatkan Portugal Tak Larut dengan Kemenangan

"Kami ingin finis di posisi pertama. Hal itu yang kami miliki dalam pikiran, untuk terus maju. Tapi (kenyataannya) tidak seperti itu. Selama tiga pertandingan, kami melakukan lebih dari cukup untuk finis di tempat pertama," ujar Santos dikutip UEFA.com.

"Setelah dua pertandingan pertama, saya mengatakan tim bermain bagus. Hanya saja kami tidak bisa mencetak gol. Hari ini sebaliknya, kami berhasil menyerang, mencetak gol, dan banyak peluang. Tapi di bagian pertahanan kami tidak bermain ketat," tuturnya.

Santos juga melantunkan pujian bagi Ronaldo yang jadi pahlawan dalam laga kontra Hungaria. Megabintang Real Madrid ini mencetak dua gol dalam laga kontra Hungaria. Santos yakin, hasil pertandingan ini bisa membangkitkan optimisme pemain 30 tahun tersebut dalam laga selanjutnya.

"Ini adalah tentang semua yang dilakukan Cristiano (Ronaldo). Dia harus mencetak gol karena dia adalah seorang pemenang. Dia bermain di depan dan memberi gol. Pertandingan ini meningkatkan kepercayaan dirinya. Dia pemain yang punya percaya diri dan tekad. (Pertandingan) ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya untuk laga melawan Kroasia," kata Santos.

Selanjutnya, Portugal akan berhadapan dengan Kroasia yang berstatus sebagai juara Grup D. Laga Portugal kontra Kroasia akan digelar pada tanggal 25 Juni 2016 di Stade Bollaert-Delelis, Lens.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya