Alasan Pelatih Spanyol Usai Dikalahkan Italia

Vicente Del Bosque.
Sumber :
  • Reuters/Sergio Perez

VIVA.co.id – Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque mengungkapkan alasan skuat asuhannya kalah 0-2 dari Italia di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Bermain di Stade de France, Senin 27 Juni 2016, La Furia Roja --julukan Spanyol-- seolah dibuat tak berdaya oleh lawannya itu.

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Meski mendominasi di sepanjang babak kedua, Andres Iniesta dan kawan-kawan selalu menemui jalan buntu dalam urusan mencetak gol. Pertahanan disiplin Gli Azzurri --julukan Italia-- terlalu kokoh untuk bisa ditembus.

(Baca juga: Italia Melaju ke Perempatfinal Piala Eropa 2016)

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

"Kami tidak memiliki banyak keberanian di babak pertama, dan di babak kedua sedikit lebih baik. Kami mencoba menyamakan kedudukan, tetapi ternyata tidak bisa," ungkap del Bosque seperti dilansir laman resmi UEFA.

Juru taktik berusia 65 tahun itu tak segan menyebut Italia bermain lebih baik dari tim besutannya. Bahkan dia menilai, skuat asuhan Antonio Conte layak dimasukkan ke dalam daftar calon kuat peraih gelar juara Piala Eropa 2016.

Mario Balotelli Kalem Tanggapi Pemanggilan Timnas Italia

"Italia adalah tim yang lebih baik, dan saya berharap mereka bisa menjadi yang terbaik. Kami telah berusaha hingga akhir pertandingan, dan kami tidak lelah untuk itu," ujarnya.

(Baca juga: Lawan Spanyol, Bukti Italia Tanggalkan Status Catenaccio)

Meski menuai hasil mengecewakan, del Bosque tak ingin semangat dan motivasi La Furia Roja padam. Dia yakin, di kejuaraan berikutnya, Spanyol akan kembali menuai prestasi membanggakan.

"Saya tidak berpikir ini akhir dari sebuah era. Sepakbola Spanyol memiliki struktur yang bagus, dan kami memiliki banyak pemain hebat," tutur eks pelatih Real Madrid tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya