Trofi Piala Eropa 2016 Akan Diserahkan oleh Xavi

Xavi Hernandez
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Legenda Barcelona dan Tim Nasional Spanyol, Xavi Hernandez, akan turut hadir dalam laga final Piala Eropa yang mempertemukan Prancis dan Portugal, Senin dini hari, di Stade de France, Paris.

Pelatih Belanda Ingin Manfaatkan Kelemahan Prancis

Tak hanya datang untuk menyaksikan laga puncak, Xavi juga diberikan tugas khusus dari badan otoritas tertinggi sepakbola Eropa, UEFA, untuk menyerahkan trofi Henri Delaunay kepada tim juara, dikutip Marca.

Ditunjuknya Xavi Hernandez bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, Xavi adalah salah satu ikon sepakbola modern, di mana dia memiliki karier mentereng di level Eropa, baik bersama klub, atau kala berseragam La Furia Roja.

Pogba Dinilai Masih Kelelahan Usai Piala Eropa

Khusus untuk Timnas Spanyol, bernama lengkap Xavi Hernandez Creus ini telah merasakan gelar Piala Eropa back-to-back di tahun 2008 dan 2012. Belum lagi dia juga menjadi bagian saat Tim Matador menjadi juara dunia untuk pertama kalinya di Piala Dunia Afrika Selatan, enam tahun lalu.

Xavi memulai debutnya bersama Spanyol pada tahun 1997 saat bermain di level U-17. Berselang tiga tahun kemudian, dia dipercaya untuk masuk skuat senior.

Lawan Prancis, Belanda Tanpa Gelandang Veterannya

Pertandingan perdana Xavi di level senior Spanyol terjadi pada 15 Oktober 2000, melawan Belanda, untuk sebuah laga persahabatan. Spanyol saat itu kalah dengan skor 2-1. Gol Fernando Hierro, dibalas dua gol Belanda yang dicetak Jimmy Floyd Hasselbaink dan Frank de Boer.

Selama 16 tahun bermain untuk negaranya, Xavi telah mengemas 9.425 menit bermain, dari 133 laga yang dilakoni dengan sumbangan 13 gol. Di usianya yang kini menginjak 36 tahun, Xavi masih bermain untuk klub asal Qatar, Al Sadd.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya