Pertaruhan Nasib Villas-Boas di Chelsea

Andre Villas-Boas
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Musim belum mencapai paruh musim, namun Chelsea sudah harus menghadapi pertandingan paling krusial untuk mereka saat ini saat melawan Valencia di Liga Champions. Akankah masa depan Andre Villas-Boas berakhir di sini?

Kemenangan menjadi harga mati bagi Chelsea saat menjamu Valencia di Stamford Bridge pada laga terakhir Grup E Liga Champions, Selasa 6 Desember 2011. Hasil imbang melawan Valencia bisa tidak cukup bagi The Blues untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Bagi tim sekelas Chelsea, tersingkir di babak grup Liga Champions jelas sungguh memalukan. Bahkan sepanjang keikutsertaan mereka di ajang Liga Champions, Chelsea belum pernah gagal lolos dari babak grup.

Di sinilah masa depan Villas-Boas dipertaruhkan. Tersingkir di babak grup Liga Champions kemungkinan besar akan membuat manajer asal Portugal tersebut terdepak dari Stamford Bridge. Meski belakangan Villas-Boas menyatakan posisinya di Chelsea aman untuk tiga tahun ke depan, namun Roman Abramovich bisa melakukan segalanya di Chelsea.

Tiga tahun lalu, pihak Chelsea sempat mati-matian membela Luiz Felipe Scolari. Bahkan meski tidak disukai pemain, dan sempat bersitegang dengan Didier Drogba, Chelsea sempat tetap membela manajer asal Brasil tersebut.

Pada akhirnya adalah Roman Abramovich yang mengambil keputusan memecat Scolari dan menggantinya dengan Guus Hiddink pada Februari 2009. Pihak Chelsea berdalih jika Scolari tidak diganti, maka The Blues tidak akan mampu menduduki zona Liga Champions di akhir musim Premier League.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

Kondisi yang sama sepertinya berlaku juga bagi Villas-Boas. Meski mantan pelatih FC Porto tersebut bersikukuh posisinya di Chelsea aman untuk tiga tahun ke depan karena dilindungi kesepakatan-kesepakatan di kontrak, namun Abramovich tetaplah Abramovich. Pengusaha asal Rusia itu bisa melakukan segalanya di klub miliknya.

Terlebih gelar Liga Champions adalah gelar yang paling didambakan Abramovich sejak mengambilalih Chelsea pada Juni 2003. Sudah banyak pelatih korban obsesi Abramovich, termasuk Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti.

Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'

Jika gagal di Liga Champions, maka Chelsea hanya bisa berharap di ajang Piala FA dan Liga Europa  untuk menyelamatkan musim ini. Gelar Premier League sepertinya akan sulit diraih, sedangkan Piala Carling sudah lepas dari genggaman.

Di laga ini, Juan Mata kembali akan menghadapi mantan klubnya. Di pertemuan pertama yang berakhir 1-1 di Stadion Mestalla, permainan Mata kurang maksimal. Chelsea akan banyak berharap kepada gelandang internasional Spanyol tersebut untuk membongkar pertahanan Valencia.

Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016