Bayangan 4 Besar Piala Eropa di Laga Ujicoba

Latihan timnas Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVAbola - Tengah pekan ini khalayak sepakbola akan disuguhi sejumlah pertandingan ujicoba Internasional. Tapi dari sekian banyak duel yang digelar, partai antara Inggris kontra Belanda dan Jerman versus Prancis menjadi yang paling menarik untuk disimak.

Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Status tim papan atas dunia yang disandang oleh keempat-empatnya menjadi alasan utama. Materi pemain serta prestasi mengkilap membuat mereka pantas disebut sebagai tim-tim elit dari benua biru.

Tidak berlebihan pula rasanya jika duel empat tim itu disebut sebagai 'bayangan' semifinal Piala Eropa 2012. Secara performa Inggris, Belanda dan Jerman kini sedang di atas angin. Keempat tim itu sudah memberi bukti dengan melenggang mulus ke putaran final turnamen paling bergengsi antar bangsa-bangsa Eropa itu, kecuali Prancis yang harus bertarung sampai partai terakhir di Grup D untuk memastikan tiket ke Polandia dan Ukraina.

Debut Stuart Pearce versus Belanda

Pertandingan melawan Belanda punya beragam esensi bagi Inggris. Selain menjadi arena uji kelayakan sebelum tampil di Piala Eropa 2012 nanti, laga itu juga menjadi kesempatan Stuart Pearce untuk membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih handal usai diberi amanat oleh FA untuk mengisi tempat Fabio Capello yang memilih mundur dari kursi pelatih The Three Lions beberapa waktu lalu.

Bek Timnas Prancis Tak Gentar dengan Ancaman Terorisme

Tentu Pearce tak mau menanggung malu saat melakukan debut di tim senior. Pria yang selama lima tahun terakhir ini dipercaya menangani skuad muda Union Jack mempersiapkan tim besutannya dengan sebaik mungkin.

Langkah cukup berani diambil oleh Pearce dalam menyusun skuad. Dia seperti berusaha mentransfer kesuksesan pasukan muda Inggris ke tim senior. Caranya, pria 49 tahun tersebut memanggil sebagian besar pemain-pemain belia yang pernah diasuhnya. Di bawah komando Pearce Timnas Inggris U-21 tercatat pernah menyabet posisi ketiga pada perhelatan Piala Eropa U-21 pada 2007 dan dua tahun setelahnya dia membawa pasukan belia itu menyabet predikat runner up di ajang serupa.

Setidaknya ada 15 pemain dari 24 nama yang dipanggil untuk laga kontra Belanda nanti pernah bekerja sama dengan Pearce. "Sangat penting bagi para pemain muda untuk mendapat kesempatan bermain dan menampilakan keahlian mereka," kata Pearce dikutip Telegraph.

Sejauh ini Inggris sudah 10 kali bentrok dengan Belanda. Sayangnya, tim negeri Ratu Elizabeth baru sekali meraih kemenangan dari Die Oranje, yaitu pada perhelatan Piala Eropa 1996 silam, sedangkan Belanda sudah tiga kali membungkam Inggris. Namun, uniknya, dari empat kali pertemuan sejak 2002 lalu, duel keduanya selalu berakhir dengan hasil sama kuat.

Prancis Uji Keperkasaan Jerman

Jerman mencatatkan hasil sempurna sepanjang babak kualifikasi Piala Eropa 2012. Maka tak heran jika banyak pihak menjagokan Der Panzer mampu merengkuh trofi turnamen empat tahunan di Polandia dan Ukraina pada Juni-Juli mendatang.

"Jerman sekarang memiliki tim terbaik di Eropa, mereka sangat muda dan sangat kreatif," ujar presiden UEFA. Michel Platini.

"Mereka tidak menelan kekalahan di babak kualifikasi. Mereka favorit juara bersama Spanyol," kata pria asal Prancis tersebut.

Pada Rabu, 29 Februari ini, Jerman akan bertemu Prancis di laga ujicoba. Partai tersebut bisa jadi tolok ukur kesiapan anak-anak asuh Joachim Loew yang kini bermaterikan para pemain muda. Jerman sendiri merasa perlu banyak melakukan ujicoba dengan tim tangguh karena di Piala Eropa nanti mereka tergabung dalam grup 'neraka' bersama Portugal, Denmark dan Belanda.

"Beberapa di antara pemain Prancis adalah yang terbaik di dunia. Seperti Franck Ribery, Samir Nasri, Eric Abidal dan Patrice Evra. Mereka punya kualitas dan bermain di klub terbaik. Saya mengharapkan ujian berat dari mereka," tantang Loew.

Prancis yang menunjukkan grafik permainan menanjak sejak keterpurukan di Piala Dunia 2010 lalu pastinya tidak menyerah kepada Jerman. Apalagi saat ini Les Bleus punya catatan bagus yakni belum terkalahkan sejak September 2010 lalu. (irb)

Catatan pertemuan Inggris Vs Belanda

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Belanda 2 - 2 Inggris
Belanda 1 - 1 Inggris
Inggris  0 - 0 Belanda
Belanda 1 - 1 Inggris
Inggris  0 - 2 Belanda
Belanda 1 - 4 Inggris
Belanda 2 - 0 Inggris

Catatan pertemuan Jerman Vs Prancis

Prancis  0 - 0 Jerman
Jerman  0 - 3 Prancis
Prancis  1 - 0 Jerman
Jerman  0 - 1 Prancis

Gelandang Liverpool, James Milner

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Dia merasa kalah saing dengan pemain muda di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016