El Clasico Bukan Sekedar Incar Tiga Poin

messi hattrick, barca menang tipis atas madrid
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id - Laga dengan tajuk El Clasico yang mempertemukan Barcelona dan Real Madrid akan tersaji, Minggu 22 November 2015 dini hari WIB. Berlangsung di Santiago Bernabeu, markas Madrid, kemenangan yang diincar oleh masing-masing tim bukan hanya sekedar mencari tiga poin saja.

Mereka yang berhasil meraih kemenangan di laga ini, biasanya dapat suntikan motivasi yang cukup berharga, karena prestisnya lebih tinggi. Keuntungan secara psikologis itulah yang juga menjadi incaran kedua belah pihak.

Melihat betapa pentingnya arti kemenangan pada pertandingan ini, gelandang Barcelona, Ivan Rakitic mewanti-wanti rekannya untuk tidak membuat kesalahan sekecil apapun. Sebab, dalam pertandingan seperti ini, segala bentuk kesalahan bisa saja berubah menjadi sebuah gol.

"Di sana akan ada banyak pemain khusus yang tinggal menunggu kesalahan umpan atau kesalahan apa pun. Anda harus siap di setiap momen, dan di setiap detiknya," ujar dia dikutip dari Four Four Two.

Rivalitas tensi tinggi antara Blaugrana dengan Los Blancos dalam beberapa musim terkahir ini selalu berhasil menyedot perhatian khalayak luas. Diisi dengan talenta-talenta terbaik di dunia, laga El Clasico selalu menyajikan drama mengejutkan.

Tak ayal, beberapa hari lalu, Presiden MediaPro Jaume Roures, berani sesumbar, jika pada pertandingan nanti, setidaknya 400 juta pasang mata akan ikut terhanyut menyaksikan keseruannya. Ini merupakan angka terbesar yang belum mampu tersaingi di ajang olahraga manapun.

"400 Juta orang akan menyaksikan El Clasico. Dunia akan menyaksikan pertandingan ini. Angka yang sangat besar jika dibandingkan dengan bigmatch di Premier League ataupun di Superbowl," ujar Roures seperti dilansir Marca.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya


Pemain yang Patut Diwaspadai

Di skuad Madrid, nama Gareth Bale yang baru saja pulih dari cedera selama enam pekan mesti masuk dalam daftar pemain yang mesti diwaspadai. Di masa istirahat, pemain asal Wales tersebut mencoba mengembalikan performa terbaiknya yang sempat hilang di awal musim ini.

Kecepatannya menyusur sisi sayap penyerangan Los Blancos diharap bisa senjata alternatif nan mematikan. Para pemain Madrid tidak bisa begitu saja menyerahkan semua beban untuk mencetak gol kepada Cristiano Ronaldo semata.

Mega bintang asal Portugal tersebut sudah dapat dipastikan akan mendapat pengawalan ekstra ketat dari para pemain bertahan Barcelona. Dan ketika fokus lebih condong ke Ronaldo, maka Bale sepatutnya dapat memberikan andil besar.

"Saya merasa kuat dan siap untuk bertarung," tegas Bale saat ditanya mengenai kesiapannya kembali bermain dan diturunkan saat menjamu Blaugrana di Santiago Bernabeu.

Sedangkan di sisi Barcelona, bomber asal Brasil, Neymar menjadi sosok yang mesti menjadi pusat perhatian para pemain bertahan Madrid. Dalam dua pertandingan terakhir Blaugrana, pemain berambut Mohawk itu telah berhasil mencetak tiga gol.

Pemain berusia 23 tahun tersebut juga mengaku selalu menyimpan hasrat untuk bisa membobol gawang Los Blancos. Bahkan baginya hingga kini gol perdananya di laga El Clasico merupakan momen yang paling membahagiakan selama kariernya.

"Itu (gol ke gawang Madrid) merupakan momen yang luar biasa. Saya selalu memimpikan momen seperti itu. Itu adalah salah satu hari paling menyenangkan dalam hidup saya," kata Neymar.


Berharap Messi Dapat Bermain


Tuah Lionel Messi dalam setiap laga El Clasico memang selalu dinanti-nantikan. Pemain berjuluk La Pulga tersebut bahkan tercatat menjadi pencetak gol terbanyak dalam laga El Clasico dengan torehan 14 gol. Jumlah tersebut menempatkan dia dalam posisi yang sama dengan legenda Madrid, Alfredo di Stefano.

Namun, klub asal Catalan saat ini belum bisa memutuskan apakah Messi akan turun bermain akhir pekan nanti atau tidak. Meski sudah ikut bergabung dalam latihan, tetapi banyak pihak yang mengkhawatirkan kondisinya justru akan lebih memburuk jika dipaksakan bermain.

"Dia terlihat tajam dalam latihan. Tetapi itu adalah tipe cedera di mana terdapat resiko (untuk terulang)," tutur Luis Suarez kepada Guardian ketika menggambarkan kondisi La Pulga saat ini.

Penggawa Blaugrana lainnya, Andres Iniesta memiliki penilaian tersendiri mengenai pentingnya peranan Messi dalam setiap laga El Clasico. Menurutnya, skuad asuhan Luis Enrique memiliki peluang lebih besar untuk menang, andai Messi bisa turun bermain.

Iniesta menambahkan, sosok La Pulga dalam tim merupakan pemain paling fundamental. "Jika memainkan Messi sejak awal, kami punya kesempatan yang lebih besar untuk menang," tutur Iniesta.

Saking pentingnya sosok Messi dalam laga El Clasico nanti, gelandang Chelsea, Cesc Fabregas memberikan gambaran yang cukup tinggi. Menurutnya, pemain berusia 28 tahun itu wajib bermain, demi kebaikan sepakbola itu sendiri.

"Saya tidak tahu apakah Messi akan bermain. Semoga saja bisa. Itu demi kebaikan sepakbola dan Barcelona tentunya," kata Fabregas.

Kencangnya suara-suara yang menginginkan Messi untuk turun dalam laga El Clasico nanti tak lain dari keinginan para pemain Barcelona mempertahankan keunggulan angka dari sang rival di klasemen sementara.

Berdiri kokoh di posisi puncak, Barcelona yang mengoleksi 27 poin, berhasil unggul tiga angka dari Madrid. Dan jika nantinya mereka berhasil menang, bukan tidak mungkin, para pemain Madrid akan terkena dampak ganda, termasuk menurunnya kondisi psikologis mereka.

Perayaan Gila Bintang Madrid di Tengah Jumpa Pers Zidane
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016