VIDEO: Canggihnya Mobil Kepresidenan RI 1

Ilustrasi Iring-iringan mobil pengawal Presiden.
Ilustrasi Iring-iringan mobil pengawal Presiden.
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Setiap kepala negara selalu mendapatkan fasilitas keamanan kelas wahid. Tak hanya di dalam ruangan, setiap kepala negara juga dipastikan bakal mendapatkan pengamanan ekstra di luar ruangan, termasuk di jalanan.

Tak hanya pasukan terbaik yang dipilih untuk mengawalnya, kendaraan terbaik pun dipilih untuk dibesutnya saat menghadiri banyak kegiatan kenegaraan.

Seperti halnya yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat dua periode ini. Dalam setiap kegiataannya, SBY selalu menumpangi mobil canggih yang syarat dengan teknologi terkini. Mobil itu yakni Mercedes-Benz S600 yang diproduksi 2008.

Mobil ini jelas berbeda dengan kendaraan sejenis yang dijual untuk masyarakat umum. Sebab, selain dipesan secara khusus, mobil S600 juga memiliki desain yang berbeda.

Lihat videonya di sini

Berdasarkan laporan yang dihimpun VIVAnews, mobil berpelat RI 1 ini merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Pada bagian interior, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis, panic alarm, dan sistem Pneumatic, atau pengatur udara otomatis, sehingga selama di perjalanan presiden dapat merasakan suasana yang nyaman.

Belum sampai di situ, mobil ini juga dapat berlari maksimal hingga 210 kilometer/jam. Bahkan, meski ban tertusuk paku hingga bocor, dengan teknologi runflat, ban ini masih sanggup berlari dengan kecepatan 60 km/jam.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik, dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Sebelumnya, Presiden SBY menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 1994 yang dibuat dari baja anti peluru. Mobil ini dulu juga dipakai oleh presiden Indonesia sebelumnya, Presiden Suharto.

Namun, sejak 2009, Presiden SBY menggunakan mobil Mercedes-Benz keluaran tahun 2008. Sedangkan Mercedes-Benz yang keluaran tahun 1994 dijadikan cadangan.

Baca juga:

Intip Kehebatan Mobil Kepresidenan Joko Widodo

Spesifikasi si Sangar Unimog