75 Tahun RI, Energi Perempuan Mineal Unjuk Gigi di Tengah Pandemi

ilustrasi generasi milenial mendapatkan pelatihan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi hadir dalam acara Tokopedia yang memasuki usia ke-11 bertepatan dengan HUT ke-75 RI. Dalam acara itu, Menlu Retno menyinggung perihal kesetaraan gender yang kerap menyita perhatian.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Menlu Retno menilai, kesetaraan gender di Indonesia sudah cukup baik khususnya di tim yang ia miliki. Menurut Retno, rata-rata yang bekerja pada tim kecilnya itu adalah kaum hawa.

"Tim Menlu ada di sini yang mengawasi soal pandemi. Perempuan muda banyak sekarang yang ikut tim," ujar Menlu Retno, dalam acara Tokopedia Play Fest Virtual, Senin 17 Agustus 2020.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baca juga: Joko Anwar Sentil Menteri Bagikan Link Ilegal Film Indonesia

Presenter Andi F. Noya yang menjadi moderator acara tersebut merespons bahwa hal tersebut bisa menjadi kondisi 'berbahaya' bagi masyarakat lantaran generasi muda sudah mulai berani bergerak.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Hal senada juga disetujui oleh Menlu Retno dan menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo tak memandang gender dalam kabinetnya.

"Pak Jokowi sangat dengarkan saran Menterinya, nggak lihat itu laki-laki atau perempuan tapi sesuai bidangnya," kata beliau.

Baca juga: Diam-diam Ustaz Solmed Punya Vila, Fasilitasnya Mewah Banget

Terlepas dari peran gender, Menlu Retno memberikan semangat bagi masyarakat untuk tetap optimis di tengah pandemi. Sambil menutup perbincangan, ia berharap agar semua masyarakat bisa saling bahu-membahu tanpa pandang gender.

"Situasi yang kita hadapi saat ini bukan situasi yang mudah, namun kita tidak boleh menyerah dan harus tetap optimis. Jangan pernah kendorkan optimisme dan persatuan kita sebagai bangsa. Mari bersama-sama menyebarkan energi positif dalam semangat gotong royong. Generasi muda pasti bisa," ungkap Retno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya