Konsumsi Makanan Ini Sebelum Kencan Pertama

tali hati
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA.co.id – Kencan pertama memang selalu membuat gugup dan tegang. Segala cara Anda lakukan agar terlihat sempurna dab membuat pasangan Anda terkesan. Tapi tahukah Anda, di luar penampilan fisik, ada hal lain yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda saat kencan pertama.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Sekelompok ahli nutrisi menyarankan beberapa makanan yang harus Anda konsumsi sebelum Anda pergi berkencan. Berikut adalah jenis makanan yang direkomendasikan. Seperti dikutip laman Daily Mail.

1. Kacang untuk mengurangi stres

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Biasanya kencan pertama membuat seseorang merasa gelisah dan gugup. Anda perlu tahu, bahwa itu adalah bentuk dari stres dan kecemasan. Menurut ahli nutrisi di SuperfookUK.com Shona Wilkinson, apa yang dikonsumsi seseorang bisa berpengaruh pada tingkat stres seseorang. Makanan yang salah bisa menambah tingkat stres dan kecemasan seseorang bertambah.

 “Makanlah kudapan yang tidak menaikkan kadar gula darah terlalu cepat seperti kacang almond, kacang brazil, hazelnut, atau macademia. Kacang-kacangan ini mengandung protein dan lemak baik yang bisa mengurangi nafsu makan Anda. Kacang ini juga sumber magnesium yang baik yang dapat menambah produksi energi sekaligus menenangkan sistem saraf Anda,” ujar Shona.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

2. Sayuran yang renyah agar napas segar

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan bertemu dengan si dia adalah napas yang segar. Ahli Nutrisi Cassandra Barns mengatakan, wortel, apel, dan seledri bisa menghilangkan plak yang menjadi sumber bau napas tak sedap.

“Selain bernutrisi dan menyehatkan, makanan ini juga dapat meningkatkan produksi saliva yang dapat melawan bakteri. Seledri merupakan diuretik alami yang bisa mengurangi rasa kembung,” ujarnya.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk mengkonsumsi banyak air. Karena dehidrasi adalah penyebab umum bau napas tak sedap.

3. Smoothies hijau agar kulit bersinar

Untuk mendapatkan rona wajah yang bersinar, Shona menganjurkan Anda meminum smoothies hijau. Blender alpukat, nanas, air kelapa, dan bayam sebagai pilihan. Alpukat dapat mencerahkan warna kulit dan nanas mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan bayam dapat membantu detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh.

4. Kacang polong agar perut tidak kembung

Seorang ahli nutrisi ternama Dr. Marilyn Glenville mengatakan, kacang polong baik untuk mengurangi kembung dan membuat perut terlihat rata karena kandungan amilosan yang tahan terhadap asam perut dan enzim pencernaan. Amilosa juga dapat mencapai usus besar dalam keadaan utuh.

“Jadi kacang polong tidak tercerna dan terserap usus kecil. Dia bekerja seperti serat yang mendorong gerakan perut dan mendukung kerja bakteri baik dalam perut,” ujar Dr. Marylin.

5. Cokelat murni agar mood terjaga

Menurut Dr. Marylin, cokelat mengandung beberapa zat yang dapat meningkatkan mood. Termasuk di dalamnya zat phenylethylamine yang dapat berperan sebagai neurotransmiter otak dan mempengaruhi mood serta kebahagiaan. Neurotransmiter adalah sejenis bahan kimia yang bertugas memasukkan informasi kedalam sel saraf dengan cara melekatkan diri pada bagian tertentu dari sel saraf. Cokelat juga mengandung magnesium yang dibutuhkan untuk memproduksi serotonin, hormon yang mengatur mood.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya