Ketahui Pilihan Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Menyulap limbah papan skateboard menjadi kacamata gaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Jika bepergian pada siang hari, kacamata hitam menjadi salah satu item wajib yang harus Anda bawa untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari. Selain menjaga kesehatan mata Anda, kacamata hitam juga bisa menjadi aksesori yang bisa menunjang rasa percaya diri Anda.

Viral Kacamata Unik untuk Bantu Baca E-Book, Bentuknya Mirip Headset Virtual Reality

Kacamata hitam kini hadir dengan berbagai bentuk, gaya, dan warna yang bisa menjadi pilihan. Untuk itu, demi menunjang rasa percaya diri, Anda pun bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah Anda.

"Tidak peduli seberapa berani gaya Anda, Anda sangat perlu untuk mencocokkan kacamata dengan bentuk wajah. Ini semata-mata untuk menjaga kenyamanan, selain sebagai pelindung dari matahari," ujar Grace Woodward, Style Ambassador di Specsavers.

Saudi Bikin VR Haji di Metaverse, Diyanet Turki: Bukan Ibadah Nyata

Ia menambahkan, mata merupakan jendela jiwa, maka dengan membingkai dengan kacamata yang tepat semakin menambah keindahannya.

Setiap orang dapat memiliki empat gaya yang berbeda sebagai alternatif untuk penampilan yang berbeda.

Dilarang Berkacamata di Kantor, Perempuan Jepang Protes

Untuk pemilihan awal kacamata yang tepat, Anda dapat mulai mencocokkan pada alis Anda. Gunakan kacamata jika frame kacamata tersebut lebih tinggi dari garis alis, maka kacamata tersebut kurang tepat. Kemudian, tepi bawah pada kacamata tidak harus berada tepat di pipi Anda, bahkan ketika Anda tersenyum.

Perhatikan juga lebar frame, jika mereka terlalu sempit di wajah Anda, akan membuat mata Anda terlihat dekat. Demikian pula, bila kacamata tersebut tidak lebih lebar, maka bentuk wajah dapat mendistorsi bentuk wajah Anda.

Tidak hanya memilih bentuk frame, Grace pun mengatakan bahwa warna pun dapat berpengaruh pada penampilan secara keseluruhan. Anda harus menyesuaikan dengan warna kulit, atau warna mata.

"Tortoiseshell dan warna-warna cerah dapat terlihat fantastis terhadap warna kulit lebih gelap. Kemudian, frame berwarna silver dan hitam sangat tepat dengan kulit dan mata yang berwarna gelap. Namun, warna tersebut juga tepat dengan warna kulit yang lebih ringan," kata Grace.

Sementara itu, warna cokelat akan terlihat sangat luar biasa untuk kulit berwarna pucat. Untuk warna frame-nya, seperti burgundy, atau pink. Untuk Anda bermata biru dapat memilih warna biru, hijau dan ungu.

Berikutnya, beberapa panduan untuk memilih kacamata yang tepat untuk bentuk wajah Anda...

Nah, berikut ini beberapa panduan untuk memilih kacamata yang tepat untuk bentuk wajah Anda dilansir Daily Mail.

Hati

Wajah berbentuk hati memiliki dahi yang lebar dan meruncing ke bagian mulut hingga dagu, sehingga terlihat lancip. Grace mengatakan, untuk bentuk wajah seperti ini dapat memilih kacamata dengan frame bulat, atau persegi dan hindari frame yang lebih luas di atas, karena ini akan menekankan bentuk wajah.

Kotak

Grave mengatakan bahwa wajah persegi didefinisikan oleh wajah yang luas, dahi yang mendalam, rahang lebar, dan dagu persegi. Frame oval atau bulat akan menyeimbangkan bentuk wajah seperti ini, sedangkan frame sudut akan menekankan fitur wajah.

Bulat

Seorang berwajah bulat, dengan dahi lebar dan dagu bulat dapat disesuaikan dengan gaya sudut, atau geometris. Hindari mengenakan frame oval atau bulat, yang akan membuat wajah terlihat lebih bulat.

Lonjong

Jika Anda punya, wajah bulat panjang Anda beruntung, menurut Grace wajah oval merata secara proporsional. Grace mengatakan, hampir semua bingkai dengan berbagai bentuk cocok untuk wajah seperti ini.  Bentuk frame persegi panjang dan geometris akan terlihat lebih baik dari frame berbentuk bulat.

Panjang

Bentuk wajah seperti ini sangat cocok dengan frame yang lebar dengan garis alis yang kuat di bagian atas. Hindarilah frame kecil atau yang mendalam.

Segi tiga

Wajah segitiga memiliki mata yang sempit di dahi dan garis mata melebar di rahang. Untuk wajah ini, sebaiknya hindari dari memakai frame yang kecil dan sempit.

Jika Anda memiliki hidung yang panjang, pilihlah frame yang rendah dengan bingkai plastik yang agak tebal. Sementara itu, untuk hidung pendek dapat menyeimbangkannya dengan sisi kacamata yang tinggi, atau bingkai dengan garis alis yang tebal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya