Busana Batik Siswi SMK Kudus Siap Melenggang di Hong Kong

Koleksi SMK NU Banat, Kudus
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Label Zelmira yang merupakan hasil karya murid-murid jurusan Tata Busana SMK NU Banat, Kudus, Jawa Tengah akan menampilkan rancangan terbarunya. Melalui program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, para desainer Zelmira didampingi oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) siap menembus sekaligus memasarkan koleksinya dalam ajang pameran dagang dan pagelaran busana di Hong Kong.

Gandeng Animator Indonesia, 3 Hal Harus Diketahui dari Film Kingdom of the Planet of the Apes

Ada empat siswi yang terpilih setelah diseleksi, yakni Ria Maharani, Nafida Royyana, Rania, dan Nia Faradiska yang akan menampilkan desain busana terbaiknya di panggung utama CentreStage-Asia's Premiere Fashion, Hong Kong. Selama empat bulan, mereka dimentori oleh para desainer dari IFC untuk mempersiapkan proyek ini.

Mengangkat tema Revive, koleksi tersebut akan menampilkan gaya urban modest wear dipadukan dengan penggunaan kain batik Kudus serta bordir yang kental. Tema pada koleksi ini terinspirasi dari Menara Kudus dan Gerbang Kudus Kota Kretek.

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat Soroti Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

Revive mengandung harapan untuk menghidupkan kembali kekayaan budaya lokal Kudus yang tercermin pada kedua bangunan tersebut. Seluruh 70 koleksi diselesaikan dalam waktu 25 hari.

"Kami akan membawa koleksi batik Kudus untuk ajang CentreStage-Asia's Premiere Fashion pada 7-10 September di Hong Kong. Konsepnya lebih modest wear, urban dan stylish dan terinspirasi kekayaan lokal Kudus, Menara Kudus, batu bata patchwork, batik Kudus dan bordir," ujar Nia Faradiska di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 1 September 2016.

Grup BUMI Borong 9 Penghargaan Terbaik di CSR dan PDB Awards 2024, Langsung Diserahkan Wapres RI

Dia menambahkan, bahwa tidak ada kesulitan berarti saat dimentori para desainer profesional IFC. Namun menetapkan estimasi harga untuk dijual pada konsumen di Hong Kong diakui cukup membingungkan. Untuk koleksi yang mereka ciptakan menyasar konsumen usia 17-25 tahun. Sementara untuk harganya berkisar mulai Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

(mus)

Pemain Persija merayakan gol

Turnamen Internasional: Persija dan PSIS Hadapi 2 Klub Liga Malayisa di JIS

Dua klub Liga 1 Persija Jakarta dan PSIS Semarang bakal berhadapan dengan dua klub Liga Malaysia, Selangir FC dan Sabah FA dalam Turnamen bertajuk RCTI Premium Sports.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024