Makanan Ini Ternyata Bisa Cegah Rambut Rontok

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memiliki rambut sehat, indah dan kuat adalah dambaan bagi setiap orang. Tak hanya wanita, tapi juga pria. Namun tidak sedikit pria maupun wanita sering mengalami masalah rambut rontok. Penyebab kerontokan ini pun juga cukup beragam. Mulai dari faktor keturunan, polusi, stres hingga kebiasaan makan yang buruk.

Sering Dilakukan, Ini Penyebab Kerusakan Rambut yang Tak Disadari

Berbagai hal pun dilakukan untuk mencegah rambut rontok seperti menggunakan produk sampo terkemuka. Padahal, menggunakan produk sampo tidak melulu bisa membuat rambut sehat kembali.

Oleh karenanya, hal pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah rambut rontok adalah memeriksa pola makan, apakah selama ini Anda mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat? Sebab, tanpa nutrisi yang cukup, maka rambut jadi lemah dan mudah rapuh.

Mengenal Transplantasi Rambut, dari Jenis hingga Bahayanya

Lalu jenis makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kerontokan rambut? Hair Expert, dr. Gloria Novelita, SpKK yang ditemui di kawasan Dharmawangsa Jakarta Selatan menyebut salah satu makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein tinggi.

"Protein karena rambut dibentuknya dari keratin. Dan keratin itu bisa kita peroleh dari mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein. Boleh protein hewani atau protein nabati," jelas dia, Kamis 22 Februari 2018.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

Dia memaparkan beberapa makanan yang kaya akan protein itu antara lain kacang kedelai, tahu, tempe, wallnut, hingga hazelnut.

Selain itu, Anda pun juga harus memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

"Tapi sering kali mineral dapat dipenuhi secara reguler, intinya adalah kebutuhan protein bisa dipenuhi setiap hari," kata dia.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dia pun menyarankan untuk bisa melakukan olahraga ringan agar metabolisme tubuh lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya