Diet yang Salah Sebabkan Penuaan Dini?

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Diet menjadi salah satu cara yang umum dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun sayangnya, tidak sedikit dari masyarakat yang menerapkan pola diet yang salah.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Diet yang salah diketahui dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh seseorang. Misalnya saja, diet rendah protein dapat menyebabkan rambut rontok.

"Protein vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan rambut. Protein fungsi pertumbuhan sel tubuh salah satunya pertumbuhan rambut, biasanya diet rendah protein kurang 20-30 cetuskan rambut rontok. vitamin dan mineral juga penting untuk pertumbuhan folikel rambut," kata spesialis gizi, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, Sp.GK dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis 19 Agustus 2021.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tidak hanya itu saja, diet yang tidak seimbang juga dapat mempercepat proses penuaan dini. Dijelaskan Feni, penuaan dini ini artinya adanya proses kerusakan jaringan, menurunnya kemampuan sel tubuh untuk proses regenerasi.

"Jadi penyebab proses penuaan dini dari dalam misal usia, hormonal tapi ada faktor dari luar salah satunya dari nutrisi tadi. Diet rendah protein, rendah karbohidrat, tinggi lemak, gula yang menyebabkan terjadinya stress osidatif yang membentuk ages muncul kerusakan kulit yang percepat penuaan. diet kurang cairan kulit hidrasi kurang kering cepat penuaan," jelas dia.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Untuk itu, penting memilih makanan diet yang sehat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dijelaskan Feni, diet gizi seimbang harus memenuhi komponen gizi yang dibutuhkan tubuh, yakni makronutrien (karbohidrat protein dan lemak).

"Karbohidrat sumber utama nasi, tapi pilih baik kompleks dan indeks glikemi rendah dan tinggi serat seperti nasi merah atau nasi berwarna karena tinggi serat dan kandungan antioksidan. protein hewani ayam ikan daging sapi, telur, nabati tahu tempe. lemak pilih lemak sehat minyak zaitun, kanola, jangan lupa zat mikro dari sayur dan buah warna-warni agar kulit cerah lembab ," kata Feni.

Ilustrasi wanita/marah/stres.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Stres merupakan bagian tak terelakkan dalam hidup. Namun, tahukah Anda bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit? Berikut beberapa efeknya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024