13 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Dijamin Manjur

Ilustrasi wanita berambut panjang
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Di antara kamu mungkin belum menemukan solusi bagaimana cara menghilangkan ketombe. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu praktikkan. Punya masalah ketombe memang sangat menyebalkan karena bisa mengganggu aktivitas kamu. Berbagai cara telah dilakukan banyak orang untuk menghilangkan ketombe di kepala agar masalah munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal ini bisa lenyap.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Memiliki masalah ketombe sangat mengganggu, mulai dari rasa gatal, risih, dan tidak percaya diri jika menggaruk-garuk kepala. Ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari kamu. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

1. Tea tree oil

Cara Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali ala Zaidul Akbar

Tea tree oil

Photo :

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami kamu bisa menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh. Tea tree oil memang sudah lama dikenal untuk menangani sejumlah masalah kulit, seperti kulit berjerawat hingga psoriasis. Sebuah studi dalam American Society for Microbiology membuktikan bahwa manfaat tea tree oil berasal dari kandungan antimikroba dan anti peradangan ini dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. 

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Selain itu, tea tree oil juga disebut dalam studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Dermatology mampu melawan jamur penyebab ketombe, serta dermatitis seboroik secara efektif.Pada penelitian lainnya yang terdapat Journal of the American Academy of Dermatology menyatakan bahwa penggunaan sampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5 persen mampu mengatasi ketombe sebesar 41 persen.

Cara menghilangkan ketombe dengan tea tree oil yaitu dengan mencampurkan 2-3 tetes tea tree oil dan 2-3 tetes dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa. Lalu, teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk membasmi jamur penyebab infeksi.

Cara menghilangkan ketombe secara alami ini bisa kamu lakukan 3-4 kali dalam seminggu. Meski demikian, beberapa orang mungkin bisa saja tidak cocok menggunakan tea tree oil untuk mengusir ketombe, sehingga perlu melakukan tes alergi sebelum melakukannya. Bagi kamu yang punya kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati jika ingin menggunakannya karena tea tree oil mungkin dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

2. Lidah buaya

Lidah buaya.

Photo :
  • U-Report

Tak hanya mampu menghilangkan jerawat, lidah buaya juga dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan ketombe secara alami. Menurut sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biomed Research International, manfaat lidah buaya berasal dari kandungan antibakteri dan antijamur yang mampu melawan ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau aloe vera kemasan yang dijual di pasaran pada umumnya. 

Gunakan gel lidah buaya pada kulit kepala dengan cara memijatnya secara perlahan sampai benar-benar terserap sempurna. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini 2 kali dalam seminggu.

3. Minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Dengan menggunakan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya. Minyak kelapa ini mampu menghidrasi kulit kepala. Sebuah studi menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengobati kondisi eksim, yakni masalah kulit yang memicu munculnya ketombe. 

Minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamur penyebab infeksi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Untuk cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa cukup dengan menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa dan balurkan ke bagian kepala. Lalu, pijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan sampo. Cuci kulit kepala hingga bersih agar tidak ada sisa minyak yang tertinggal karena dapat berisiko menyumbat pori-pori kulit.

4. Cuka apel

Ilustrasi cuka apel.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami selanjutnya ada cuka apel. Sifat asam pada cuka apel diklaim mampu membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Manfaat cuka apel untuk rambut juga dapat menyeimbangkan pH kulit dalam mengurangi pertumbuhan jamur yang jadi penyebab ketombe. Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara mengatasi ketombe dengan cuka apel ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketombe, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes cuka apel dengan sampo, atau minyak esensial lainnya. 

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya ada minyak zaitun. Minyak zaitun ini mampu menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada area kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu sisir rambut perlahan. Lakukan langkah ini perlahan agar rambut tidak berminyak. 

6. Minyak sereh

Daun sereh.

Photo :
  • U-Report

Minyak sereh mampu menghilangkan ketombe secara alami. Minyak sereh ini memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi munculnya ketombe. Menurut sebuah riset kecil yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10 persen minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81 persen setelah penggunaan 2 minggu. 

Kamu bisa mencampurkan 2-3 tetes minyak sereh pada sampo atau kondisioner yang biasa digunakan, lalu usapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas kulit kepala sampai bersih. Lakukan 2 kali dalam seminggu.

7. Soda kue

ilustrasi baking soda atau soda kue

Photo :
  • Pixabay

Soda kue rupanya dapat dijadikan cara menghilangkan ketombe secara alami. Soda kue atau baking soda merupakan zat eksfolian yang mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Soda kue ini juga memiliki zat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul.

Gunakan soda kue secukupnya. Sebab, penggunaan baking soda ini dapat membuat kulit kepala jadi kering dan iritasi. Selain itu, soda kue mempunyai kadar pH yang tinggi sehingga rentan merusak kulit kepala bila digunakan terlalu sering. 

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe yaitu, basahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu balurkan 2-3 sendok makan soda kue pada kulit kepala. Diamkan selama 2 menit sebelum membilasnya dengan bersih. Lakukan selama 2 kali dalam seminggu.

8. Garam 

Ilustrasi garam.

Photo :
  • U-Report

Bahan alami untuk menghilangkan ketombe selanjutnya ada Garam. Metode ini banyak dilakukan oleh beberapa orang untuk menghilangkan ketombe. Garam dapur dipercaya mampu mengeksfoliasi karena dapat membersihkan timbunan sel kulit mati di kulit kepala yang menyumbat pori-pori sehingga ketombe tidak akan datang lagi.

Garam juga digadang-gadang memiliki sifat antijamur sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan garam ini bisa kamu lakukan dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Setelah itu, taburkan garam ke kulit kepala. Kemudian, lakukan gerakan seperti pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok. 
Gunakan sampo dan bilas rambut seperti biasa. 

Kamu juga bisa mencampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk meningkatkan efektivitasnya. Campurannya bisa menggunakan cuka apel, lidah buaya, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka apel cukup mencampurkan sedikit garam dan beberapa tetes cuka apel. Aduk hingga merata sampai membentuk scrub kental. Oleskan dan juga gosokkan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

9. Jeruk nipis

manfaat jeruk nipis

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanjutnya bisa menggunakan jeruk nipis. Buah yang tergolong citrus dengan cita rasa asam ini dipercaya dapat mengusir ketombe yang membandel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab, air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.

Caranya dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis ke permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap ke dalam kulit dan folikel rambut. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Keramas menggunakan sampo antiketombe formula sedang. Langkah ini bisa dilakukan selama beberapa minggu hingga ketombe membaik dan hilang sepenuhnya dari kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis ini juga bisa dicampur dengan bahan alami lain, seperti cuka apel, minyak kelapa, minyak zaitun, dan garam. Untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan cuka apel, siapkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan cuka apel. Lalu campurkan kedua bahan di atas dalam sebuah mangkuk kecil. Kemudian oleskan pada permukaan kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 1,5 jam, lalu bilas.

10. Kendalikan stres

Ilustrasi stres.

Photo :
  • U-Report

Ternyata stres juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan, sehingga membuat kulit kering dan gatal, serta sistem imun yang melemah. Lemahnya sistem imun berpotensi mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan mikroba, termasuk jamur penyebab ketombe. Untuk itu, cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah adalah dengan mengendalikan stres, terutama pada orang dengan kondisi dermatitis atopik. 

11. Perbaiki cara mencuci rambut

Mencuci rambut

Photo :
  • Times of India

Memperbaiki cara mencuci rambut juga jadi cara mengatasi ketombe yang membandel. Keramas terlalu sering atau terlalu jarang, bisa menimbulkan masalah pada kulit kepala yang salah satunya bisa berujung pada timbulnya ketombe. Bergantung pada jenis kulit kepala Anda, biasanya orang dengan kulit berminyak perlu mencuci rambut lebih sering daripada orang yang memiliki kulit kering.Pilih juga sampo khusus untuk ketombe yang tepat. Salah satunya dengan memilih kandungan menthol. 

12. Tingkatkan asupan asam lemak omega-3

Makanan sumber asam lemak omega-3.

Photo :
  • U-Report

Tingkatkan asupan asam lemak omega-3 untuk mengatasi timbulnya ketombe. Karena, tubuh yang kekurangan asupan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan rambut kering, kulit kering, hingga munculnya ketombe. Meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dalam pola makan sehari-hari bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami dengan cepat dan mudah. 

Konsumsi asam lemak omega-3 melalui ikan salmon, ikan trout, dan makarel. Selain itu, makanan kaya omega-3, seperti flaxseed, chia seed, dan walnut. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan. Tapi kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

13. Konsumsi probiotik

Makanan probiotik.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang terakhir yaitu dengan mengkonsumsi probiotik. Sebuah riset yang dimuat dalam Wageningen Academic Publisher menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mampu mengurangi keparahan ketombe. Kamu bisa mengonsumsi makanan mengandung probiotik melalui yogurt, tempe, kimchi, hingga kombucha.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu coba. Cara yang alami lebih sehat dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024