Ini 5 Cara Berpakaian Wanita Sholehah yang Sering Dilupakan

Ilustrasi wanita muslim/wanita berhijab.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Dalam Islam terdapat sejumlah bagian tubuh yang harus ditutupi baik bagi pria maupun wanita. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk menutup aurat bagi umat Muslim yang sudah baligh, kondisi di mana seseorang sudah mencapai kedewasaan. Untuk pria ditandai dengan mimpi basah, sementara wanita mengalami menstruasi.

Wanita Muda Asal Jakarta Tewas Misterius di Bawah Jembatan Tunggulmas

Pria dan wanita memiliki batasan aurat yang berbeda. Bagi pria batas aurat yaitu dari pusar hingga lutut. Di sisi lain, batas aurat wanita mencakup lebih luas yakni dari ujung kaki hingga ujung kepala. Beberapa ulama berpendapat bahwa wajah dan telapak tangan termasuk bagian dari aurat, namun ada pula yang beranggapan wajah dan telapak tangan bukan batas aurat seorang wanita.

Menutup aurat tentunya bukan sekadar menyembunyikan bagian tubuh dari orang-orang yang bukan mahram. Ada beberapa hal yang perlu disoroti dalam menutup aurat. Misalnya yaitu dengan tidak mengenakan pakaian memperlihatkan lekuk tubuh dan bahan yang menerawang. 

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

Khusus untuk Muslimah cara menggunakan hijab juga perlu diperhatikan. Terkadang beberapa hal dalam berpakaian agar sesuai dengan syariat Islam kerap terlewatkan. Dilansir VIVA dari video milik akun Instagram @agamaisyah.stories yang diunggah pada 2 Juni 2022, berikut cara berpakaian wanita sholehah yang sering dilupakan.

Mengenakan ciput

Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Hijab

Photo :
  • Dokumentasi Zilingo

Fungsi ciput untuk wanita berhijab adalah menahan helai rambut agar tidak keluar dari hijab. Sering kali ketika tidak memakai ciput, helai rambut cenderung mencuat keluar dari hijab meski rambut sudah dikuncir. Walaupun hanya sehelai, tetap saja itu termasuk batas aurat bagi Muslimah dan sudah sepatutnya untuk ditutupi.

Hijab dan baju panjang serta longgar menutupi dada

Ilustrasi muslimah

Photo :
  • U-Report

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menutup aurat bukan cuma ‘membungkus’ tapi juga tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Dengan memakai hijab panjang serta longgar hingga menutupi dada, maka lekuk tubuh pun tidak tampak. Begitu pula dengan pakaian, pilih atasan dan bawahan yang longgar agar bagian tubuh tidak terlihat seutuhnya. 

Ikat rambut tidak terlalu ke atas

Mengikat rambut.

Photo :
  • U-Report

Masih berkaitan soal lekuk tubuh, wanita berhijab tidak sepatutnya mengikat rambut terlalu ke atas atau membentuknya menjadi cepol sebab jika terlalu ke atas tentu akan memperlihatkan bentuknya. 

Lengan baju hingga pergelangan tangan

Ilustrasi busana muslim .

Photo :

Panjang lengan baju yang ‘nanggung’ terkadang menjadi masalah dalam menutup aurat. Banyak panjang lengan baju yang berukuran ¾ atau ? sehingga bagian pergelangan tangan masih sedikit terlihat. Mengenakan baju dengan ukuran lengan ¾ atau ? bagi Muslimah bagaimanapun tetap tidak diperbolehkan sebab sekecil apapun lengan tangan terlihat, itu masih bagian dari aurat.

Memakai kaos kaki

Ilustrasi kaos kaki.

Photo :
  • Pixabay/ucmao

Ujung kaki bahkan jari-jarinya pun merupakan aurat yang harus ditutupi oleh Muslimah. Namun hal ini kerap terlewatkan karena banyak yang merasa kakinya sudah tertutup oleh alas kaki. Padahal bentuk alas kaki tidak selalu menutupi seluruh bagian kaki bawah. Maka dari itu, lebih baik memakai kaos kaki juga agar aurat tetap terjaga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya