Kostum Kapal Pinisi Laksmi De Neefe di Miss Universe Ternyata Terinspirasi dari Jokowi

Laksmi De Neefe Suardana.
Sumber :
  • Instagram @laksmideneefe

VIVA Lifestyle – Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, telah mengharumkan nama bangsa dengan menjadi kontestan Miss Universe 2022 yang telah diselenggarakan di New Orleans Morial Convention Center di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, pada Sabtu 14 Januari 2023 waktu setempat.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Dalam acara puncak ajang kecantikan dunia itu, Laksmi De Neefe menarik perhatian dengan kostum nasional yang ia kenakan dengan tema The Glory of Phinisi. 

Kostum tersebut ternyata adalah hasil karya dari anak bangsa yaitu Ikie Morphacio. Sebagai seniman yang sudah lama bekerja sama dengan Yayasan Puteri Indonesia, busana yang dipakai oleh Laksmi merupakan karya Ikie yang ketiga dan dibuat khusus untuk ajang Miss Universe 2022.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Laksmi Shari De Neefe Suadarna, Puteri Indonesia 2022

Photo :
  • Instagram @laksmideneefe

"Ini baru lahir, jadi memang untuk national costume prosesnya ada pengajuan konsep dulu seperti apa. Kita meet up dulu untuk membicarakan konsep kostum. Di pertemuan itu ada saya, pihak YPI, dan juga Laksmi," kata Ikie dalam siaran langsung di Instagram @antv_official, Senin 16 Januari 2023.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Ikie mengungkapkan bahwa konsep kapal pinisi pertama kali dicetuskan oleh Laksmi De Neefe. Puteri Indonesia 2022 itu mengaku sangat suka dengan kapal pinisi sehingga ia ingin membuat busana dengan tema tersebut.

"Lalu kita bicarakan juga soal latar belakang kapal pinisi itu, mengapa kapal pinisi, dan mengapa Laksmi kok suka kapal pinisi itu," ujar Ikie.

Rupanya, wanita asal Bali tersebut terinspirasi dari salah satu visi Presiden Joko Widodo yang menjadikan kapal pinisi sebagai aset berharga bagi bangsa Indonesia.

"Ketika dibicarakan, ternyata memang ada filosofi-filosofi khusus dan ada terinspirasi dari Bapak Jokowi," terang Ikie.

"Ketika beliau bicara tentang kapal pinisi itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa, sebuah aset bangsa yang luar biasa. Disitu juga berbicara soal restorasi Indonesia yang mana itu menjadi salah satu visi Pak Jokowi," imbuhnya.

Puteri Indonesia, Laksmi De Neefe

Photo :
  • Instagram @laksmideneefe

Sebagai desainer kostum tersebut, Ikie merasa sangat bangga karena karyanya bisa dipresentasikan di mata dunia. Maka dari itu, Ikie bersyukur bisa bekerja sama dengan Laksmi yang mampu berpikir kritis saat mengusung konsep busana yang ingin ia kenakan.

"Saya bersyukur ketika ada pengajuan seperti itu. Berarti puteri kita kritis terhadap konsep dan dia tau apa yang akan dia bawakan," pungkasnya.

Sebagai informasi kostum The Glory of Phinisi ini memadukan warna emas dan mutiara yang melambangkan kemenangan Indonesia; keindahan, kemuliaan dan kekuatannya, dan percikan biru melambangkan lautan luas. Hiasan kepala menampilkan perahu Phinisi dengan detail hiasan untuk mewakili budaya Indonesia.

Phinisi memiliki 7 layar yang melambangkan kesanggupan nenek moyang bangsa Indonesia yang mengarungi dan menaklukkan tujuh lautan sedangkan kekuatan angin, kekuatan alam, menggerakkan layar. Angka tujuh juga melambangkan kehidupan dan rezeki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya