MUFFEST+ 2023 Dukung Modest Fashion Indonesia ke Kancah Dunia

MUFFEST+ 2023 Dukung Modest Fashion Indonesia ke Kancah Dunia
Sumber :
  • MUFEST+

VIVA Lifestyle – Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 mulai digelar pada tanggal 7-10 Maret 2023 di Ballroom dan Denpasar Room The Westin Jakarta, dengan tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pelaksanaan tahun ini merupakan rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk memperluas kiprah modest fashion Indonesia di pasar global dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Sinergi antara Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama Ditali Cipta Kreatif melalui MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 ini ditujukan untuk mengoptimalisasi industri modest fashion menuju skala internasional. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

MUFEST+ 2023 Dukung Modest Fashion Indonesia ke Kancah Dunia

Photo :
  • MUFEST+

“Bank Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan sektor modest fashion sebagai salah satu sektor strategis dalam penguatan ekosistem halal nasional untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.” Kata Juda Agung, Deputi Bank Indonesia dalam sambutannya di Opening Ceremony MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023.  

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

“Gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST dapat memberikan kesempatan kepada desainer dan pengrajin wastra untuk mengeksplorasi potensi mereka dan menghasilkan karya-karya terbaik yang bernilai tambah tinggi bagi industri modest fashion di domestik maupun global,” lanjutnya. 

Bank Indonesia memberikan penekanan terhadap beberapa penguatan pengembangan modest fashion yang dapat dilakukan bersama-sama ke depan. 

Pertama, dari aspek ekosistem, Bank Indonesia bersama Kemenkop UKM dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan terus melakukan pengembangan value chain di sektor modest fashion yang terintegrasi dari hulu ke hilir, mulai dari optimalisasi industri tekstil nasional, wastra yang diolah oleh pelaku UMKM, sekolah modest fashion, desainer, dan mendorong inovasi di dalam pembiayaan syariah baik dari sektor keuangan komersial maupun sektor keuangan sosial, sesuai kebutuhan industri modest fashion. 

MUFEST+ 2023 Dukung Modest Fashion Indonesia ke Kancah Dunia

Photo :
  • MUFEST+

Kedua, pentingnya peningkatan awareness dan inklusi masyarakat terhadap produk modest fashion Indonesia yang saat ini jauh lebih fashionable. 

Ketiga, diperlukan peningkatan komitmen, sinergi, dan kolaborasi yang lebih inklusif dengan berbagai pihak, dan yang diwujudkan dalam IN2MOTIONFEST, sebagai bentuk sinergi Bank Indonesia bersama Kemenkop UKM dan Indonesian Fashion Chamber (IFC). 

“Kami menghimbau kepada seluruh stakeholder untuk mendorong peningkatan kualitas dan kreativitas desainer dalam mendesain dan memakai wastra Nusantara. Mari bersama-sama mewujudkan IN2MOTIONFEST menjadi event modest fashion yang terbesar di dunia,” ungkap Hanung Harimba Rahman, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI dalam sambutannya. 

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan rangkaian acara berupa Fashion Show karya 200 desainer dan Trade Show 150 brand yang memperlihatkan keragaman gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. 

Keistimewaan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST tahun ini adalah turut menampilkan koleksi yang mengangkat konsep modest wear, yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global. 

Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan juga produk modest fashion Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal, guna menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk modest fashion Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global, di antaranya adalah koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia.

Konsep “See Now Buy Now” merupakan tawaran baru di gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST yang mengkampanyekan cara baru bagi penonton fashion show agar mendapatkan akses langsung secara digital untuk membeli koleksi runway dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. 

Kampanye movement “Sarong is My New Style” tentunya kembali digaungkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal. 

Selain menghadirkan Fashion Show dan Trade Show, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST memfasilitasi ragam kegiatan seperti acara Pre-Lauch Islamic Fashion Handbook oleh Islamic Fashion Institute yang menghadirkan narasumber Sapta Nirwandar, Irna Mutiara, Yufie Kartaatmaja, dan Hanni Haerani dengan Moderator Jetty Rosila Hadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya