TOLUKKO, Karya Fashion Millenial Maluku Utara yang Dihadirkan di Ajang MUFEST 2023

Akademi Wirausaha Maluku Utara
Sumber :
  • Akademi Wirausaha Maluku Utara

VIVA Lifestyle – Pemerintah mendorong Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai salah satu kekuatan perekonomian nasional. Provinsi Maluku Utara menjadi salah satu wilayah dengan potensi alam, namun masih memerlukan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi teknik produksi, pengembangan produk, pengemasan hingga pemasaran.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Pengembangan UMKM sejalan dengan 3 program kerja yang digagas Kapolda Maluku Utara, Irjenpol Midi Siswoko S.I.K yakni: Ekonomi Kerakyatan, Zero Pengangguran dan Entrepreneur Millenial. Terkait hal ini Polda Maluku Utara menginisiasi pelatihan bagi sejumlah pelaku UMKM agar mampu bersaing di pasar nasional hingga mancanegara.

Akademi Wirausaha Maluku Utara

Photo :
  • Akademi Wirausaha Maluku Utara
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Menjadi komitmen kami untuk segera mewujudkan program ini dengan membuat rangkaian pelatihan sebagai solusi yang bisa diimplementasikan secara berkelanjutan dan tepat sasaran,” tegas Irjenpol Midi Siswoko S.I.K.

Program pelatihan UMKM ini selanjutnya diberi nama Akademi Wirausaha Maluku Utara. Tahap awal Akademi Wirausaha Maluku Utara membina 109 pelaku UMKM di wilayah Ternate dan Tidore di sektor Kuliner, Wastra dan Kriya dengan mempertahankan kearifan lokal. Sejumlah narsumber terlibat dalam pelatihan yang berlangsung selama 12 bulan, seperti: Gigih Budi Abadi (Branding Strategic Expert & Co-founder Dagadu Jogja), Dina Midiani (Fashion Designer & Trend Expert Consultant), Sofie (Fashion Designer), Anita & Rico (Product Designer & Founder Mill and Bay), Benny Santoso (Culinary Consultant & Founder Initempe), Damayanti (Packaging Consultant & Product Designer), Iman Setiobudy (Product Design Consultant), Atika Suri (Communication & Media Consultant) hingga Rudy Lukieto (Business Coach & NLP Trainer) yang memotivasi pelaku UMKM lebih tangguh karena pasar yang akan dituju lebih luas dengan persaingan lebih keras.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

“Pelaku Wirausaha kami bina agar produk mereka lebih natural dan mampu bersaing dengan produk  kerajinan lain di luar Maluku Utara,” ujar Gigih Budi Abadi, salah satu narasumber yang dihadirkan.

Busana karya Akademi Wirausaha Maluku Utara

Photo :
  • Akademi Wirausaha Maluku Utara

Pelatihan Akademi Wirausaha Maluku Utara masih berjalan, namun mulai terlihat kemajuan dari produk hasil karya pelaku UMKM. Tahapan pemasaran keluar Maluku Utara bisa dimulai.  “Pelaku UMKM di Ternate dan Tidore terbuka, semangat dan haus belajar sehingga cepat maju,” menurut Dina Midiani narasumber sub sektor Fashion.

MUSLIM FESTIVAL (MUFEST) 2023 menjadi event pertama yang menghadirkan karya bidang fashion dari wirausaha Millenial Maluku Utara. TOLUKKO yakni benteng peninggalan spanyol di Ternate menjadi tema karya yang dihadirkan. Garis-garis desain tegas dipadu warna-warna alam menandai koleksi yang ditampilkan, sejalan dengan konsep police look yang diusung. Satu langkah maju telah dipahatkan, saatnya potensi UMKM Maluku Utara ikut bersaing dan meraih pasar yang lebih luas lagi, untuk menjadikan Maluku Utara Lebih Maju dan Berdaya.

Tolukko

Busana karAkademi Wirausaha Maluku Utara

Photo :
  • Akademi Wirausaha Maluku Utara

“Kokoh, Bertahan Melawan Masa”
Tolukko, benteng tua peninggalan Spanyol yang terletak di Ternate Maluku Utara menjadi inspirasi koleksi para pelaku kreatif fesyen kota Ternate dan Tidore yang tergabung dalam AWM (Akademi Wirausaha Maluku Utara) untuk MUFFEST 2023. 

Struktur bebatuan kelabu yang kokoh seakan menggambarkan ketegaran penduduk Ternate dan Tidore menghadapi kekuatan alam. Berbaur luwes dengan kerimbunan pepohonan sekitar, dan birunya laut di kejauhan.
Dituangkan dalam koleksi padu padan permainan bidang, kombinasi bahan soft drill, linen, katun, dalam motif garis, polos maupun ecoprint. Nuansa warna keabuan, biru laut, hijau pupus, nuansa coklat dan aksen hitam selaras dengan warna benteng dan alam sekitar.

Koleksi mix and match dengan sentuhan Police Look ini merupakan kreasi gabungan dari peserta pelatihan AWM  yang diprakarsai oleh Kapolda Maluku Utara Bapak Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya