Tas Perca Batik Olivia Zalianty Sampai New York

Olivia Zalianty
Sumber :
  • VIVAlife/Rizky Sekar Afrisia

VIVAlife - Lama tak terdengar kiprahnya di kancah perfilman, Olivia Zalianty rupanya sedang asyik berbisnis. Memasarkan produk kerajinan berupa tas dari perca batik kreasi warga Majenang, Jawa Tengah.

Olivia sengaja datang langsung memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu dan sejumlah siswi SMA Karya Guna Nusantara yang terlibat. Bagaimana mengolah sisa potongan kain batik tak terpakai menjadi sebuah produk bernilai ekonomi tinggi.

"Saya ke daerah perbatasan Jawa dan Tengah Jawa Timur. Saya datang ke pedalaman, memberikan spirit dan motivasi. Dan, mereka sangat bersemangat untuk membuat produk-produk itu," ujar aktris yang populer lewat film 'Ada Apa Dengan Cinta' itu, di acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012.

Olivia mengatakan, proses pengerjaan tas dari perca batik sebenenarnya mudah. Tak membutuhkan biaya mahal. Yang menjadi kendala justru kapasitas produksi yang terbatas mengingat pembuatannya yang manual (handmade). 

"Dari Singapura pesen 700 buah, tapi kami loss opportunity, karena nggak bisa memenuhi permintaan sebanyak itu dalam waktu cepat. Ini kan kerajinan tangan, bukan pabrik," ujarnya. "Saya sedang berpikir bagaimana bisa mengerahkan sumber daya manusia yang banyak dengan kualitas terjaga."

Dengan strategi pemasaran berskala kecil, ia tak menyangka produknya memikat banyak kalangan. Februari mendatang, produknya pun dipercaya ikut pameran di ajang Indonesia Fashion Week. Bahkan, sudah ada yang melirik dan bersiap diboyong ke New York, Amerika Serikat.

"Nanti akan kerja sama dengan perancang busana, jadi didampingi sama mereka. Sedangkan yang ke New York juga dibawa untuk pameran," ucapnya seraya menjelaskan bahwa sebagian profit usaha ini ia dedikasikan untuk mendukung program-program pendidikan di Tanah Air. (ms)

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Aksi seorang pria asal Gorontalo, Sulawesi Tengah masuk ke dalam keranda sang ayah saat perjalanan menuju ke pemakaman viral di media sosial Jumat, 26 Apriil 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024