Boneka Tinker Bell dengan Alat Bantu Dengar Diproduksi

Boneka Tinker Bell dengan alat bantu dengar
Sumber :
  • twitter.com/toylikeme?ref_src=twsrc^tfw

VIVA.co.id - Boneka Tinker Bell diproduksi, dengan alat bantu dengar yang dipasang di kupingnya. Boneka yang diciptakan #ToyLikeMe, ini untuk mewakili anak-anak dengan keterbatasan fisik, khususnya kaum tunarungu atau tidak bisa mendengar.

"Sebagai seseorang yang dibesarkan dengan alat bantu dengar, saya langsung ingat bagaimana rasanya menjadi anak yang tidak pernah melihat diri mereka sendiri direpresentasikan," kata pendiri #ToyLikeMe, Rebecca Atkinson, seperti dilansir dari Metro.

Dia yang mengalami kondisi setengah tuli mengaku, ingin mengubah keadaan tersebut demi generasi berikutnya dan berjuang memperoleh merek global untuk produk yang merepresentasikan manusia dengan keterbatasan fisik atau difabel.

Boneka dengan alat bantu dengar ini telah dijual dalam jumlah terbatas untuk mengumpulkan dana. Hebatnya, produk ini habis terjual hanya dalam waktu lima menit dan rencananya, boneka akan diproduksi lebih banyak lagi.

"Kami menambahkan implan koklea ke boneka. Ini adalah produksi rumahan, sehingga bukan skala besar. Jika berbakat, Anda bisa membuat sendiri. Kami menggunakan Fimo, benang, dan kancing," ujarnya.

Boneka ini membuat anak-anak dengan keterbatasan fisik dan kepercayaan diri rendah menjadi terwakili. Di Inggris, ada 45 ribu tunarungu dan sulit mendengar.

Salah satu konsumen yang membeli boneka ini adalah Karen Smith untuk putrinya, Matilda. Putrinya yang saat ini berusia dua tahun tersebut menggunakan implan koklea.

"Ketika saya pertama kali melihat Tinker Bell mengenakan implan koklea, itu membuat saya bahagia," ungkapnya.

Sebagai orang tua, dia bercerita, memiliki mainan seperti itu dapat meningkatkan kesadaran tentang keterbatasan fisik dan pentingnya inklusi. Sementara Matilda yang mengenakan implan koklea bilateral, menurut dia, akan suka bermain dengan boneka Tinker Bell.

Inilah Asal Usul Alat Bantu Dengar
 Ezra Somnitz

Balita Tunarungu Ini Suka Main Suling

Tapi dia mampu mendengar suara musik dengan frekuensi tinggi.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2016