10 Kebiasaan Sehat Keramas, Anda Harus Tahu

Ilustrasi keramas atau mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mencuci rambut merupakan bagian dari rutinitas yang telah Anda lakukan selama bertahun-tahun. Namun, apakah rutinitas mencuci rambut atau keramas yang Anda lakukan selama ini sudah benar?

5 Manfaat Keramas Pakai Mayones, Nomor Tiga Penting

Sebab, ada beberapa aturan yang wajib Anda ikuti saat mencuci rambut agar rambut tidak rusak, seperti bercabang, kering, rontok dan lainnya. Jika salah satu dari masalah rambut ini Anda alami, ada baiknya Anda memperbaiki kebiasaan mencuci rambut.

Dan berikut ini 10 kebiasaan yang bisa Anda lakukan saat keramas untuk mengurangi kerusakan rambut lebih lanjut, seperti dilansir dari Boldsky.

Kesalahan Keramas yang Buat Rambut Rontok dan Tipis

Kebiasaan 1

Pastikan rambut Anda cukup basah sebelum menggunakan sampo. Ini bisa membantu menciptakan lebih banyak busa dan memungkinkan sampo mencapai kulit kepala, sehingga dapat membersihkan akar dan rambut secara efektif.

Bolehkah Anak Keramas Setiap Hari?

Kebiasaan 2

Cairkan sampo sebelum digunakan, karena kebanyakan sampo mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut. Oleh karena itu, tambahkan air ke sampo sebelum digunakan.

Kebiasaan 3

Pastikan bahwa sampo dan kondisioner yang Anda gunakan cocok untuk jenis rambut Anda, karena tidak semua produk bekerja dengan baik pada semua jenis rambut. Misalnya, jika Anda memiliki rambut kering, ada baiknya membeli produk khusus untuk rambut kering.

Kebiasaan 4

Hindari menerapkan kondisioner pada kulit kepala Anda. Kondisioner hanya digunakan pada rambut. Menggunakan kondisioner pada kulit kepala dapat membuat kulit kepala lebih berminyak dan dapat menyebabkan masalah ketombe.

Kebiasaan 5

Hindari mencuci rambut Anda setiap hari, karena kebiasaan ini dapat merusak folikel rambut, yang bisa menyebabkan rambut rontok. Idealnya, mencuci rambut dilakukan dua atau tiga kali dalam sepekan.

Kebiasaan 6

Jangan menggunakan terlalu banyak sampo atau kondisioner, terutama jika berbasis kimia. Tingginya kandungan bahan kimia di dalam sampo dapat merusak rambut. Karena itu, gunakan sampo dalam jumlah yang tepat untuk hasil yang baik.

Kebiasaan 7

Hindari mencuci rambut dengan air panas, karena dapat membuat rambut Anda rapuh dan kering sebab air panas dapat mematikan sel-sel rambut yang sehat. Sebagai gantinya, gunakan air dingin atau hangat untuk mencuci rambut.

Kebiasaan 8

Pastikan bahwa Anda benar-benar membilas sampo dan kondisioner dengan bersih dari rambut Anda. Jika residu dari produk ini masih menempel di rambut bisa menyebabkan masalah ketombe, rambut berminyak dan rontok.

Kebiasaan 9

Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan rambut Anda setelah dicuci. Sebab, menggosok rambut dengan handuk kasar dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut patah.

Kebiasaan 10

Hindari menyisir rambut Anda ketika masih basah, karena rambut cenderung lebih rapuh dan mudah rontok. Jadi, sisirlah rambut setelah kering untuk menghindari masalah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya