Cara Merawat Lensa Kontak Agar Steril dan Tak Robek

Wanita dengan lensa kontak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bagi sebagian orang yang memiliki kemampuan penglihatan mulai berkurang, pemakaian softlens atau lensa kontak menjadi pilihan sebagai pengganti kacamata. Berbagai warna dan motif menarik membuat orang tergerak untuk mengikuti tren dan memakai lensa kontak, bahkan bagi mereka yang matanya normal.

Kenali Tanda Mata Lelah Akibat Lensa Kontak

Namun penting bagi Anda untuk menjaga dan merawat kebersihan lensa kontak. Sebab bila tidak dirawat dan dijaga kebersihannya akan banyak masalah yang ditimbulkan, seperti berkumpulnya kotoran yang dapat menyebabkan iritasi pada mata jika dikenakan hingga lensa kontak menjadi mudah robek.

Merawat lensa kontak sebenarnya susah-susah gampang dan perlu kejelian. Karena itu, Evy Ardyani, Business Development Manager Eyes Talk menyarankan, sebelum Anda memutuskan untuk mengenakan lensa kontak, sebaiknya perhatikan kebersihan tangan Anda.

CEO Netflix Bicara Nonton Film Langsung dari Lensa Kontak

"Usahakan mencuci tangan dengan sabun bayi atau sabun antibakteri sebelum menyentuh softlens," kata dia kepada VIVA.co.id.

Setelah itu, dia menambahkan, gunakan telapak tangan yang telah ditetesi dengan cairan solution atau cairan khusus untuk membersihkan lensa kontak. Bersihkan pelan-pelan hingga bersih dan bilas lagi kontak lensa dengan cairan solution.

Tren Kontak Lensa Terbaru Ini Bikin Mata Lebih Indah

"Saat merawat softlens agar tidak mudah robek perhatikan kebersihan tangan terlebih dahulu dan cucilah tangan di keran air yang mengalir. Lalu bersihkan softlens dengan cairan khusus pembersih secara hati-hati karena teksturnya yang lentur dan tipis," ujar dia.

Evy menjelaskan, jangan pernah mencoba membersihkan lensa kontak dengan air keran. Alasannya, air tersebut tercemar banyak bakteri dan tidak memiliki kadar asam (pH) yang sesuai dengan mata.

Selain itu, perhatikan pula tanggal kedaluwarsa cairan pembersih lensa kontak. Sebab bila tidak, hal itu dapat memengaruhi kualitas lensa kontak dan juga berdampak buruk pada penglihatan.

Dia mengatakan agar para pemakai lensa kontak untuk menghindari memiliki kuku panjang demi memudahkan Anda dalam pemakaian dan agar lensa kontak tidak mudah robek. Sementara saat tidak dipakai, biarkan lensa kontak direndam pada cairan khusus agar lebih awet, lembap dan lentur ketika akan dipasang.

Di samping itu, pastikan wadah untuk menyimpan lensa kontak ini selalu bersih dan steril karena kebersihan lensa kontak berawal dari tempat penyimpanannya. "Jangan lupa untuk rajin membersihkan wadah softlens agar selalu steril," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya