Batik Mewah Motif Mozaik Tampil di Finlandia

Koleksi The Allure of Mozaic di Finlandia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pesona batik Indonesia di industri fesyen dunia makin mempesona. Ini dibuktikan oleh pioneer batik Alleira yang memiliki visi dan misi untuk mengenalkan batik Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

Alleira sukses menghadirkan pagelaran busana batik di Helsinki, Finlandia Sabtu, 3 September 2016, bertempat di kediaman Duta Besar Indonesia untuk Finlandia. Bertema The Allure of Mozaic, koleksi ini terinspirasi dari sosok wanita elegan yang mempesona, klasik dan elegan.

"Pada kesempatan ini, Alleira tampil di Helsinki, Finlandia atas kerja sama dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Finlandia, Ibu Wiwiek Setyawati Firman," ujar Anita Asmaya Sanin, selaku Direktur Kreatif Alleira dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 11 November 2016.

Makna 8 Motif Batik Nusantara, Dianggap Senjata Hingga Simbol Cinta dalam Pernikahan

Dia menambahkan bahwa dalam satu rangkaian pagelaran terdapat 13 outfit. Koleksinya pun menghadirkan desain-desain yang sederhana dengan permainan motif mozaik yang atraktif, sehingga menjadikan koleksi tampak anggun dan memberikan kesan megah.

Keseluruhan koleksi ini terdiri dari ragam motif tradisional yang memiliki aneka bentuk dan karakter, seperti motif Kawung dan Parang. Namun, uniknya dipadukan dengan motif geometris mozaik dan bunga-bunga besar, dengan sentuhan artistik, dirangkai dan dipadukan secara kontemporer.

Fakta-fakta Batik Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO

"Sehingga seluruh total looks menampilkan perpaduan yang harmonis dan apik," kata dia.

Sementara untuk desainnya, lebih terlihat sederhana namun elegan dengan siluet fitted dan loose, yang ditampilkan dalam bentuk kaftan, tunik, dress, blouse dan pants. Untuk warnanya, lebih bermain pada abu-abu, kuning, merah terang, terracotta, ungu, magenta serta light, navy dan cobalt blue dengan memberikan sedikit detail tambahan, seperti beads dan lace yang memberi kesan mewah.

Seragam Haji Indonesia 2024

Cantiknya Batik Sekar Arum Sari, Resmi Jadi Seragam Baru Jemaah Haji Indonesia 2024

Seragam ini merupakan batik yang dipilih melalui Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia digelar sejak Agustus 2023. Sayembara ini dimenangkan oleh Sony adi Nugroho

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023