Masuk ke Dalam Rumah Terbalik Ini, Kepala Bisa Pusing

Rumah terbalik di Polandia
Sumber :
  • designingbuildings

VIVA – Satu-satunya di Polandia, sebuah rumah sengaja dibangun terbalik. Rumah unik itu terletak di Pusat Pendidikan dan Promosi Daerah di Szymbark. Rumahnya berdiri di atap, dan rumah ini sering dikunjungi wisatawan.

Rumah Unik Chef Renatta, Gambar Masa Kecil yang Terwujud

Saat mendatangi rumah ini, pengunjung akan merasakan sensasi berjalan di langit-langit.

Seperti dilansir laman Design Bulding, Rabu 28 Maret 2018, rumah tersebut dikenal dengan nama Upside Down House yang merupakan salah satu tempat wisata terpopuler karena bentuk bangunannya yang tidak biasa. Selesai dibangun pada tahun 2007, rumah terbalik tersebut dibuat oleh Daniel Czapiewski sebagai ungkapan ketidakpastian hidup di era Polandia pasca Komunis.

10 Desain Rumah Paling Unik di Dunia

Rumah terbalik.

Butuh perjuangan untuk membangun rumah yang didominasi dengan material kayu. Bahkan untuk membuatnya berdiri, pondasi bangunan tersebut membutuhkan 200 meter kubik beton, dan kayu. Waktu pembuatannya cukup lama yakni 114 hari, padahal normalnya hanya tiga minggu saja.

Viral Arsitek Tampan Gratiskan Desain Rumah, Bayarnya Pakai Salawat

Hal tersebut dikarenakan selama masa pembangunan, para pekerja harus beristirahat panjang akibat disorientasi karena sudut-sudut aneh pada dinding. Hal tersebut masih berlanjut hingga saat ini, karena pengunjung banyak yang merasa pusing dan mual ketika baru memasuki rumah tersebut dalam beberapa menit saja.

Meski proporsinya unik, namun rumah tersebut tetap seperti rumah pada umumnya karena dilengkapi juga dengan perabotan. Tapi rata-rata perabotan yang menghias rumah itu bergaya khas  era Komunis Polandia tahun 1970-an. Bahkan ada TV lama yang menunjukkan propaganda di masanya.

Ilustrasi rumah mungil

Desain Compact House, Solusi Rumah Sempit Tapi Tetap Estetik

Rumah desain compact house, tidak hanya sarat dengan unsur estetika, tapi juga mampu menghidupkan sekaligus mempercantik ruangan

img_title
VIVA.co.id
16 November 2020