Bajak Desain Rumah, Keluarga Ini Didenda Rp34 Miliar

Tiru desain rumah kena denda
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Pasangan asal Toronto, Jason dan Jodi Chapnik mengajukan gugatan terhadap tetangga mereka yang diduga menjiplak desain interior rumah mereka. Keluarga tersebut meminta ganti rugi lebih dari US$2,5 juta atau setara Rp34,3 miliar dari tetangganya Ann Kirshenblatt.

10 Desain Rumah Paling Unik di Dunia

Seperti dilansir dari Curbed, Rabu 28 Maret 2018 gugatan tersebut juga berisi perintah renovasi ulang agar rumah Kirshenblatt tidak sama dengan arsitektur yang dimiliki oleh keluarga Chapnik. Mereka mengklaim bahwa tempat tinggal mereka sudah dibangun sejak 1935 dan merupakan salah satu rumah paling terkenal, serta dikagumi di lingkungan Cedarvale, Forest Hill karena keunikannya.

Chapniks  menyadari ada kesamaan dari penggunaan batu-batu sebagai eksterior, panel atap yang menonjol, jendela abu-abu, cerobong asap dari batu-batu dan masih banyak lainnya yang sama dengan rumah mereka. Namun pihak Kirshenblatt mengklaim keluarganya tidak bersalah, karena masih banyak perbedaan di antara rumah mereka, dan rumah mereka terinspirasi oleh Tudor Cottage yang merupakan kastil dari film James Bond Skyfall.

Viral Arsitek Tampan Gratiskan Desain Rumah, Bayarnya Pakai Salawat

Kirshenblatt baru saja tinggal di rumah tersebut kurang dari setahun sebelum gugatan tersebut diajukan. Namun Janson Chapnik tetap bersikukuh bahwa ia menemukan kontraktor dari Kirshenblatt mempelajari desain rumah mereka.

Mewah dan Homey, 5 Spot Favorit di Rumah Mama Rieta Ibunda Nagita

Setelah melakukan negosiasi secara baik-baik, akhirnya pihak Chapnik mencabut gugatannya, serta mendapatkan hak cipta dari desain rumahnya tersebut. Kasus ini, bisa jadi salah satu contoh pentingnya menghargai karya orang lain, dengan cara menghindari pembajakan.

Ilustrasi rumah mungil

Desain Compact House, Solusi Rumah Sempit Tapi Tetap Estetik

Rumah desain compact house, tidak hanya sarat dengan unsur estetika, tapi juga mampu menghidupkan sekaligus mempercantik ruangan

img_title
VIVA.co.id
16 November 2020